5 Perusuh Acara Adat di Solo Diproses Hukum

    Media Indonesia.com - 12 Agustus 2020 09:21 WIB
    5 Perusuh Acara Adat di Solo Diproses Hukum
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Solo: Polresta Surakarta, Jawa Tengah, telah menangkap lima terduga pelaku perusakan dan penganiayaan di kediaman keluarga Habib Segaf Al Jufri di Kampung Mertodranan, Pasar Kliwon, Solo.

    “Empat orang ditetapkan sebagai tersangka, satu lagi masih dalam pengembangan. Nama-nama lain dalam kasus ini juga sudah ada di tangan penyidik, tinggal ditangkap, kalau mereka tidak mau menyerahkan diri,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfhi, Selasa, 11 Agustus 2020.

    Dia memastikan kepolisian akan bekerja keras mengusut kasus dugaan intoleran tersebut. Kerja penyidik Polresta Surakarta akan didukung penuh tim dari Polda Jawa Tengah dan Mabes Polri. Kelompok intoleran yang sudah ditetapkan sebagai tersangka akan dijerat pasal berlapis terkait penganiayaan, penghasutan, dan perbuatan tidak menyenangkan.

    “Penyidik sudah menyita barang bukti berupa pentungan kayu, batu, sepeda motor, dan mobil,” tambah Luthfi.

    Baca juga: Aktor Intelektual Penyerangan Acara Adat di Solo Diburu

    Ia juga mengaku sudah memerintahkan seluruh kapolres di wilayahnya untuk tidak memberi tempat bagi kelompok intoleran. “Tindakan intoleran yang melanggar hukum akan diproses,” tegasnya.

    Selain di Solo, sebelumnya sikap intoleran juga muncul di Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Masyarakat Adat Karuhun Urang Sunda Wiwitan tidak hanya diintimidasi kelompok intoleran, tapi juga tersisihkan di mata pemerintah kabupaten.

    “Kami prihatin adanya ancaman terhadap kegiatan adat, budaya, dan ritual keagamaan. Proses hukum harus diberlakukan kepada pelakunya,” kata Yusuf Bachtiar, sesepuh Adat Kabuyutan Nusantara. (Widjajadi)

    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id