comscore

Wisata Gunung Bromo Ditutup Total Selama Hari Raya Nyepi

Daviq Umar Al Faruq - 01 Maret 2022 13:03 WIB
Wisata Gunung Bromo Ditutup Total Selama Hari Raya Nyepi
ilustrasi/Medcom.id
Malang: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup sementara wisata Gunung Bromo, Jawa Timur. Penutupan ini berlangsung dari 3 hingga 4 Maret 2022.

Plt Kepala Balai Besar TNBTS, Novita Kusuma Wardani, mengatakan kebijakan tersebut dikeluarkan dengan memperhatikan surat Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo nomor 107/Pem/PHDI-KAB/II/2022 tanggal 24 Februari 2022 perihal pemberitahuan dan hasil koordinasi dengan sesepuh Tengger.
"Maka kegiatan wisata Gunung Bromo ditutup secara total mulai Kamis, pukul 00.00 WIB sampai Jumat, pukul 05.00 WIB," kata Novita dalam keterangan resmi, Selasa, 1 Maret 2022.

Novita menerangkan penutupan kegiatan wisata Gunung Bromo ini dalam rangka ritual Hari Raya Nyepi Tahun 1944 Saka/2022 Masehi, atau pergantian tahun baru Saka. 

Penutupan wisata Gunung Bromo ini diterapkan di sejumlah jalur pintu masuk. Salah satunya, jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura.

"Kemudian jalur dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, serta dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang," ujarnya.

Hari Raya Nyepi untuk menyambut Tahun Baru Saka. Rangkaian Hari Raya Nyepi mulai dari Melasti, Tawur Kesangan, Nyepi dan Ngembak Geni.

Selama Nyepi, umat Hindu akan menjalankan Catur Brata Penyepian, yakni Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Karya (menghentikan kerja), Amati Lelanguan (berpantang menghibur diri) dan Amati Lelungaan (tidak bepergian).

Baca: Polda Bali Siagakan 6.125 Personel untuk Pengamanan Nyepi
 

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id