comscore

Polda Banten Siagakan 41 Pos Mudik Lebaran

Hendrik Simorangkir - 20 April 2022 15:45 WIB
Polda Banten Siagakan 41 Pos Mudik Lebaran
Ilustrasi mudik. Medcom.id
Tangerang: Polda Banten menyiapkan puluhan pos mudik Lebaran 2022. Pos tersebut disiapkan di sejumlah titik di wilayah Banten untuk pengamanan jelang arus mudik.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga mengatakan, persiapan pos tersebut dalam upaya mengawal jalannya mudik agar lancar dan aman. Operasi bersandi Ketupat Maung itu dilaksanakan 27 April hingga 8 Mei 2022.
"Dalam Operasi Ketupat Maung 2022 ini, Polda Banten siap melayani masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran dengan menyediakan 41 pos mudik," ujarnya, Rabu, 20 April 2022.

Shinto menuturkan, dari 41 pos yang disiapkan, 30 di antaranya merupakan pos pengamanan (pospam), sembilan pos pelayanan (posyan), dan dua posko terpadu.

Pospam memiliki tugas melakukan pengaman dan pengaturan arus lalu lintas, sedangkan untuk pos pelayanan dilengkapi dengan pelayanan medis dan vaksinasi.

"Kesemuanya pos tersebut ditempatkan di jalur yang akan dilewati oleh pemudik," ucap dia.
 
Baca juga: 9 Juta Warga Jabar Diprediksi Mudik Keluar Wilayah

Ia memerinci, pos mudik tersebar di berbagai polres, yakni Polresta Tangerang mendirikan lima pospam dan satu posyan, Polres Serang menyediakan lima pospam dan dua posyan, Polres Serang Kota ada satu posyan dan tujuh pospam.

Sedangkan, Polres Cilegon memiliki satu posyan dan tujuh pospam, Polres Pandeglang menyediakan dua Posyan dan tiga pospam, serta Polres Lebak dirikan tiga posyan dan tiga pospam.

Shinto menambahkan, pos tersebut dibangun di sepanjang jalur mudik baik tol, maupun di jalur arteri. Setiap pos, lanjutnya, akan diisi petugas gabungan dari Polri, TNI, dan instansi terkait yang berkesinambungan dalam pengamanan.

"Personel yang kita siapkan sekitar 3.179 orang terdiri dari kepolisian dengan stakeholder lainnya. Nantinya akan membantu pelayanan di pos-pos tersebut," terang dia.

Baca juga: Polda Jateng Waspadai Kejahatan Modus Gendam Saat Mudik

Shinto menjelaskan, jika ada beberapa prioritas pengamanan jalur mudik untuk mengantisipasi kemacetan.

"Polda Banten telah memetakan jalur-jalur prioritas yang akan dilakukan pengamanan, guna mengantisipasi macet pada saat mudik lebaran. Jalur prioritas tersebut meliputi jalur tol Tangerang-Merak, jalur penyeberangan Merak-Bakauheni, hingga jalur wisata," jelasnya.

Shinto mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk tetap waspada dan berhati-hati, serta dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan.  

"Cek kondisi kesehatan dan kendaraan, pastikan dalam kondisi yang prima untuk melakukan perjalanan jarak jauh serta antisipasi titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," imbuh dia.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id