comscore

Skuter Listrik Resmi Dilarang Berkeliaran di Malioboro

Ahmad Mustaqim - 31 Maret 2022 16:47 WIB
Skuter Listrik Resmi Dilarang Berkeliaran di Malioboro
Wisatawan pemakai skuter di kawasan Malioboro. Medcom.id/mustaqim
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi melarang operasional kendaraan listrik seperti skuter listrik (otoped) di kawasan Malioboro.

Larangan itu dituangkankan lewat Surat Edaran (SE) Gubernur DIY bernomor 551/4671 tentang Larangan Operasional Kendaraan Tertentu Menggunakan Penggerak Motor Listrik di Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulya yang diterbitkan 31 Maret 2022. 
Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, mengatakan larangan itu menjadi bagian mengatur kawasan sumbu filosofis yang diajukan ke UNESCO. Di sisi lain, kata dia, kawasan Malioboro merupakan kawasan bebas kendaraan yang operasionalnya belum diatur.

"Misalnya skuter listrik. Diharapkan (SE) diketahui semua pihak. Tanggung jawab menjaga sumbu filosofis tak hanya pemerintah daerah, tapi seluruh lapisan masyarakat," kata Made di Yogyakarta, Kamis, 31 Maret 2022. 

Baca juga: Pemkot DIY Didesak Terbitkan Aturan Larangan Skuter di Malioboro

Ia menegaskan kawasan jalan Malioboro, Tugu Yogyakarta, atau Jalan Margo Utomo dan sekitarnya bebas kendaraan jenis itu. Made mengatakan hal itu sekaligus untuk mengutamakan pejalan kaki. 

"Apa pun itu pegendalian kecepatan sangat memengaruhi. Pejalan kaki kami utamakan keselamatannya," tegas dia.

Selain itu, pihaknya menyebut aturan itu akan bertahap diberlakukan di kawasan jalan di sirip-sirip Malioboro. Pihaknya berharap pemerintah di tingkat kota atau Pemkot Yogyakarta bisa mengikuti aturan itu. 

"Perlu kontribusi semua pihak. Aturan bisa langsung dilaksanakan," jelasnya. 

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharja, menambahkan, wisatawan diimbau mematuhi aturan itu. Tindak lanjutnya dengan tidak menggunakan jasa yang disediakan tenan. 

"SE ini akan memberi kesempatan wisatawan semaki detail mengeksplorasi jalan-jalan di bagian sumbu filosofis. Wisatawan makin nyaman dan bagaimana sumbu filosofis," tuturnya. 

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id