comscore

BPBD Lebak Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Antara - 29 Mei 2022 15:21 WIB
BPBD Lebak Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem
ilustrasi Medcom.id
Lebak: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, meminta masyarakat di daerah ini mewaspadai menghadapi cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.
 
"Peringatan kewaspadaan cuaca buruk itu untuk mengurangi risiko kebencanaan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama, di Lebak, Minggu, 29 Mei 2022.

Baca: Belasan Huntara Korban Gempa Pasaman Rusak Diterjang Angin
Masyarakat Kabupaten Lebak diminta mewaspadai cuaca buruk tersebut berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.
 
Febby menjelaskan potensi cuaca buruk itu berpeluang sore hingga malam hari dan bisa menimbulkan bencana alam. Selama ini, kata dia, wilayah Kabupaten Lebak masuk daerah langganan banjir, longsor, angin puting beliung, pergerakan tanah dan kebakaran.
 
Karena itu, masyarakat dapat mewaspadai menghadapi cuaca buruk tersebut agar tidak menimbulkan korban jiwa.
 
"Kami berharap warga yang tinggal di lokasi rawan bencana jika cuaca buruk berlangsung lebih baik mengungsi ke tempat yang lebih aman, " jelasnya.
 
Menurut dia daerah rawan bencana alam di Kabupaten Lebak hampir semua terjadi di 28 kecamatan, karena topografinya perbukitan, pegunungan, aliran sungai, kawasan hutan dan pesisir pantai.
 
Mereka warga yang tinggal di lokasi rawan bencana alam hingga ribuan kepala keluarga.
 
"Kami sudah menyampaikan surat peringatan dini kepada aparatur kecamatan dan desa/kelurahan untuk mewaspadai bencana alam," ungkapnya.

Sementara Lurah Cijoro Pasir Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Dadi Riyadi, mengimbau masyarakat di 11 RW agar waspada banjir dari Sungai Ciujung menyusul curah hujan meningkat.
 
"Kami minta warga jika malam hari melakukan pengamanan ronda malam karena khawatir terjadi luapan air sungai melanda pemukiman, " kata Dadi.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id