comscore

Pemkot Yogyakarta Maksimalkan Daur Ulang untuk Kurangi Sampah

Ahmad Mustaqim - 30 Mei 2022 18:28 WIB
Pemkot Yogyakarta Maksimalkan Daur Ulang untuk Kurangi Sampah
Salah satu sudut TPST Nitikan Kota Yogyakarta. Medcom.id/Mustaqim
Yogyakarta: Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berupaya memaksimalkan fungsi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Nitikan yang ada di wilayah tersebut. TPST Nitikan ini difungsikan mengolah sampah organik menjadi sejumlah hal.

"Sampah yang masuk TPST Nitikan diolah menjadi fungsi yang lain, seperti sampah potongan pohon jadi kompos, ada yang jadi pakan ternak magot," kata Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, di TPST Nitikan, Senin, 30 Mei 2022.
Baca: Klaten Jadi Alternatif Tempat Darurat Pembuangan Sampah dari Kota Yogyakarta

Dia mengatakan jajaran berupaya konsentrasi dalam penanganan sampah yang beberapa waktu lalu menjadi polemik. Menurut dia, Kota Yogyakarta mesti berkontribusi mengolah sampah karena sampah yang dihasilkan per harinya mencapai 350 ton.

"Harapannya semakin lama semakin bisa dikurangi yang dibuang di tempat pembuangan di (TPST) Piyungan," jelasnya.

Ia mengatakan daya tampung pengolahan sampah di TPST Nitikan sekitar 20 ton per hari. Menurut dia, ada rencana mereplikasi pengolahan sampah di TPST Nitikan ke sejumlah lokasi.

"Ingin TPST Nitikan akan ada TPST Nitikan 2 sebelah selatan. (Luasan lahannya) 3000 meter persegi. Semula (Kota Yogyakarta mengolah sampah) 20 ton menjadi 40 ton," ungkapnya.

Aman menambahkan ada keterbatasan lahan dalam upaya Pemkot Yogyakarta memperluas area pengolahan sampah. Menurut dia, upaya yang bisa dilakukan dengan mereplikasi cara tersebut di luar Kota Yogyakarta.

"(Setidaknya) itu menjadi bukti konkret pengurangan sampah lewat pengolahan bisa terlaksana. Kalau ada TPST Nitikan 2, bisa meningkatkan dua kali lipat," ujarnya.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id