comscore

Polres Malang Dalami Kasus Kotak Amal Diduga Danai Teroris Jemaah Islamiyah

Daviq Umar Al Faruq - 28 Desember 2020 13:13 WIB
Polres Malang Dalami Kasus Kotak Amal Diduga Danai Teroris Jemaah Islamiyah
ilustrasi Medcom.id
Malang: Polres Malang mendalami kasus kotak amal yang diduga mendanai kelompok teroris Jemaah Islamiyah (JI). Sejumlah kotak amal di kawasan Kabupaten Malang, Jawa Timur, pun telah diamankan.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, mengatakan pihaknya telah menemukan beberapa kotak amal yang tersebar di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Malang. Mulai di warung, rumah makan dan beberapa tempat fasilitas publik lainnya.
"Ya kita sudah temukan beberapa kotak amal ini. Tapi itu juga masih terus kita laksanakan pendalaman di daerah Malang Selatan," katanya, Senin 28 Desember 2020.

Hendri menambahkan, sejumlah kotak amal yang telah ditemukan itu kini masih diperiksa. Namun, hingga saat ini, polisi masih belum bisa memastikan apakah kotak amal tersebut memiliki keterkaitan dengan kelompok teroris JI.

"Itu masih terus kita proses penyelidikan. Akan kita pastikan. Kita cek aliran dana yang terkumpul itu apakah memang digunakan di lingkungan internal di kecamatan itu saja atau memang digunakan untuk kegiatan-kegiatan semacam itu (terorisme)," jelasnya.

Sebelumnya, Mabes Polri menemukan 20.068 kotak amal diduga mendanai kelompok teroris Jemaah Islamiyah (JI). Puluhan ribu kotak amal itu tersebar di 12 daerah di Indonesia.

"Informasi ini berdasarkan keterangan tersangka FS alias Acil," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Kamis, 17 Desember 2020.

Acil berasal dari Yayasan Abdurrahman Bin Auf (ABA) yang menyebarkan kotak amal tersebut. Kotak amal dari yayasan itu tersebar di Sumatra Utara 4.000 kotak, Lampung 6.000 kotak, Jakarta 48 kotak, dan Semarang 300 kotak.

Kemudian, Pati 200 kotak amal, Temanggung 200 kotak, Solo 2.000 kotak, dan Yogyakarta 2.000 kotak amal. Selanjutnya, Magetan 2.000 kotak, Surabaya 800 kotak, Malang 2.500 kotak, dan Ambon 20 kotak amal.

Ciri-ciri kotak amal yang ditemukan jajaran di wilayah Jakarta, Lampung, Malang, Surabaya, Temanggung, Yogyakarta, dan Semarang berupa kotak kaca dengan rangka Alumunium. Sedangkan, di wilayah Solo, Sumut, Pati, Magetan, dan Ambon berupa kotak kaca dengan rangka kayu.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id