Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas

    Antara - 29 Oktober 2020 03:02 WIB
    Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas
    Pengendara melintas dengan latar belakang Gunung Sinabung yang menyemburkan material vulkanik di Desa Tiga Pancur, Karo, Sumatra Utara. Antara/Edy Regar
    Medan: Gunung Sinabung, Karo, Sumatra Utara kembali erupsi. Awas panas tersembur hingga jarak 1.000 meter ke arah timur-tenggara.

    "Erupsi gunung Sinabung itu terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm (milimeter) dan durasi 166 detik," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Perangin-angin saat dihubungi, Rabu, 28 Oktober 2020.

    Gunung Sinabung juga sempat mengeluarkan awan panas dengan jarak 1.500 meter ke arah timur-tenggara pada pukul 12.51 WIB, Minggu, 25 Oktober 2020. Erupsi Gunung Sinabung dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 246 detik.

    Baca: Gunung Sinabung Meletus Lagi, Semburkan Debu 1.000 meter

    Gunung Sinabung kini berada pada status Level III (Siaga). Warga maupun petani diminta tidak beraktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 kilometer (km) dari puncak Gunung Sinabung. Kemudian, radius 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id