Banjir, Sejumlah Perjalanan KA Jarak Jauh Terganggu

    Media Indonesia.com - 21 Februari 2021 15:01 WIB
    Banjir, Sejumlah Perjalanan KA Jarak Jauh Terganggu
    Ilustrasi. (Foto: MI/Heri Susetyo)
    Yogyakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan kereta api imbas dari banjir di Jakarta akibat tingginya curah hujan pada Minggu pagi, 21 Februari 2021. Beberapa perjalanan KA pun terpaksa dibatalkan seperti KA Argo Dwipangga dan Bengawan

    "Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang menggenangi jalur kereta api lintas Kedunggedeh-Lemahabang, Kabupaten Bekasi," terang Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, Minggu, 21 Februari 2021.

    Jalur kereta api lintas Kedunggedeh-Lemahabang tepatnya pada km 55+100 sampai km 54+500 hingga pukul 09.00 masih terendam. Banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut merupakan dampak dari meningkatnya debit aliran sungai dari Bendungan Kamojing, Pupukujang, dan Walahar. 

    Akibatnya untuk sementara waktu lokasi tersebut belum dapat dilalui kereta api. Terdapat KA yang perjalanannya dibatalkan, serta perjalanan yang dialihkan menggunakan bus dan selanjutnya menggunakan kereta api dari stasiun Cikampek menuju kota-kota tujuan.

    Baca juga: Tim Mitigasi Teliti Lokasi Longsor Nganjuk

    "PT KAI memohon maaf kepada seluruh pengguna jasa yang terdampak pembatalan perjalanan," kata Supriyanto.

    Kendati demikian, upaya untuk tetap dapat memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir akan terus dilakukan, baik dari sisi operasional KA dan penanganan prasarana jalur KA.

    Adapun KA yang tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan untuk tetap diupayakan operasionalnya. Penumpang pada KA tersebut diberangkatkan menggunakan bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan perjalanan menggunakan jasa KA. 

    Senada, PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan pembatalan perjalanan Kereta Api (KA) untuk keseluruhan jadwal keberangkatan Minggu, 21 Februari 2021 untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen karena jalur rel tergenang banjir.

    "Jalur rel tergenang, banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id