17 Wilayah di Sulsel Berstatus Rawan Banjir

    Muhammad Syawaluddin - 22 Februari 2021 22:47 WIB
    17 Wilayah di Sulsel Berstatus Rawan Banjir
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Makassar: Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi ada 17 daerah di Sulawesi Selatan yang berstatus siaga banjir. Hal itu lantaran intensitas hujan yang tinggi di wilayah tersebut. 

    Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BBMKG IV Makassar, Siswanto, mengatakan perkiraan itu berdasarkan analisis BMKG, yang menyebutkan dinamika atmosfer dominan angin barat sudah mulai menguat karena dipengaruhi adanya tropikal siklon di utara maupun di selatan. 

    "Kita lihat dari dinamika atmosfernya  angin barat sudah mulai menguat karena dipengaruhi adanya tropikal siklon di utara maupun di selatan, khususnya di daerah-daerah itu," katanya, di Makassar, Senin, 22 Februari 2021.

    17 kabupaten dan kota tersebut yakni Kota Makassar, Kabupaten Wajo, Jeneponto, Gowa, Maros, Pangkep, Bone, Takalar, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, Tana Toraja, Barru, Soppeng, Sidrap, dan Kota Palopo serta Parepare. 

    Baca juga: Penerima Vaksin Masih Mungkin Terpapar Covid-19

    Perkiraan hujan lebat dan angin kencang terjadi di belasan daerah tersebut berlangsung selama tiga hari ke depan. Sebelumnya, angin kencang juga terjadi beberapa hari yang lalu. 

    "Ini berkorelasi dengan kecepatan angin sejak beberapa hari kemarin dengan rata-rata 10 sampai 40 kilometer per jam," jelasnya. 

    Meski BMKG Wilayah IV Makassar hanya menyebut 17 daerah rawan banjir. Namun, ada lima kabupaten di Sulawesi Selatan juga masuk dalam atau berstatus waspada. Lima daerah itu yakni Kabupaten Pinrang, Enrekang, Bantaeng, Bulukumba, dan Sinjai. 

    Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di wilayah dengan status siaga untuk lebih waspada. BMKG akan terus berkordinasi dengan instansi terkait, untuk melaporkan perkembangan kondisi cuaca. 


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id