Vaksinasi Efek, 10 Daerah di Jatim Zona Kuning

    Amaluddin - 08 April 2021 14:46 WIB
    Vaksinasi Efek, 10 Daerah di Jatim Zona Kuning
    ilustrasi Medcom.id



    Surabaya: Sebanyak 10 daerah di Jawa Timur masuk kategori zona kuning atau berisiko rendah penularan kasus covid-19 per 7 April 2021. Sedangkan untuk 28 kabupaten/kota lainnya masih berstatus zona oranye atau berisiko sedang.

    "Alhamdulillah, 10 dari 38 daerah di Jatim zona kuning, dan 28 sisanya zona orange," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Jatim, Makhyan Jibril, saat dikonfirmasi, Kamis, 8 April 2021.






    Baca: Riau Buat Posko Perbatasan Cegah Transmisi Covid-19

    Dia menjelaskan 10 daerah zona kuning itu adalah Kabupaten Gresik, Lamongan, Tuban, Probolinggo, Situbondo, Jember, Lumajang, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

    Sedangkan 28 daerah zona orange, yakni Kediri, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kota Kediri, Sidoarjo, Madiun, Kota Pasuruan, Kota Tulungagung, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Nganjuk, Ngawi, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Kota Blitar, Blitar, Kota Madiun, Pacitan, Jombang, Malang, Situbondo, Pasuruan, Tulungagung, Bojonegoro, Mojokerto, Banyuwangi, dan Kabupaten Bangkalan.

    Jibril mengatakan ada beberapa faktor yang membantu tren kasus covid-19 di Jatim menurun. Di antaranya karena kerja sama efektif dari berbagai pihak, seperti aparat yang melakukan penegakan hukum, pemerintah yang melakukan program penanggulangan dan pengendalian, serta masyarakat yang menjalankan protokol kesehatan.

    Selain itu hasil dari program pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro dan adanya program beberapa pembatasan aktivitas serta kampung tangguh. Kemudian adanya vaksinasi menjadi salah satu faktor keberhasilan Jatim, keluar dari zona merah atau berisiko tinggi.

    "Adanya vaksinasi terutama selesainya terhadap sasaran petugas kesehatan dan sebagian lanjut usia (lansia), Alhamdulillah kasus covid-19 di Jatim menurun drastis," ujarnya.

    Berdasarkan data kasus covid-19 di Jatim pada Rabu 7 April 2021, secara kumulatif terkonfirmasi positif covid-19 mencapai sebanyak 141.423 pasien. Rinciannya, yang dirawat jumlahnya 1.924 orang atau 1,36 persen, lalu konfirmasi sembuh mencapai 129.390 orang atau 91,49 persen dan konfirmasi meninggal dunia sebanyak 10.109 orang atau 7,15 persen.

    Vaksin untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
     
    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
     
    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id