Pertanian Semangka Organik Dinilai Lebih Menguntungkan

    Rhobi Shani - 04 April 2021 19:13 WIB
    Pertanian Semangka Organik Dinilai Lebih Menguntungkan
    Panen semangka organik. Medcom.id/ Rhobi Shani



    Jepara: Kelompok Tani Agrikultur Bhumi Agri panen perdana semangka organik. Pertanian semangka organik ini merupakan yang pertama dilakukan di Kabupaten Jepara. Salah satu kenggulannya masa panen lebih cepat.

    Ketua Kelompok Tani Agrikultur Bhumi Agri, Tursiman, mengatakan keuntungan yang didpat dari hasil pertanian semangka organik lebih banyak. Dari lahan 2 hektare bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp30 juta.






    "Panen kali ini lebih cepat dari prediksi kami. Prediksi kami pertengahan April, tapi ini bisa maju di awal April. Ini membuktikan pertanian organik dapat mempercepat waktu panen," kata Turisman di Jepara, Minggu, 4 April 2021.

    Baca: Paskah di Pekanbaru Berlangsung Aman

    Dia menjelaskan untuk lahan seluas 2 hektare dibutuhkan biaya Rp20 juta untuk satu kali periode tanam. Dari lahan itu bisa menghasilkan semangka sebanyak 15 ton. Bila harga semangka Rp4.300 per kilogram, maka uang yang didapat sebanyak Rp51 juta.

    "Gambarannya seperti itu dalam satu kali periode tanam," jelas Turisman.

    Kelompok Tani Agrikultur Bhumi Agri merupakan binaan program CSR PT Bhumi Jati Power. Pertanian organik ini merupakan bentuk kolaborasi antarbinaan CSR PT Bhumi Jati Power. Kelompok Ternak Makmur Bumi Jaya menyediakan pupuk dan pestisida organiknya. Lalu yang memanfaatkan Kelompok Tani Bhumi Agri.

    CSR Manager PT Bhumi Jati Power, Ari Wibawa, mengungkapkan pertanian organik mengutamakan keseimbangan sistem ekologi. Peluang pasar hasil pertanian organik masih tinggi. Itu karena hasil pertanian organik lebih sehat dan segar.

    "Pertanian organik juga mampu menjaga kesuburan tanah. Kami berharap bahwa pertanian organik dapat lebih bergairah dimasa mendatang dan petani binaan dapat lebih mengembangkan usaha pertanian organik secara berkelanjutan," kata Ari Wibawa.

    Program pertanian organik ini diharpakan dapat berlanjut. Serta diadopsi oleh petani lain di Kabupaten Jepara.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id