Permukiman Pulau Sebuku Segera Dipulihkan

    Denny S - 27 November 2019 13:21 WIB
    Permukiman Pulau Sebuku Segera Dipulihkan
    SIsa puing bangunan setelah kebakaran di di desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Foto: ANT/Bayu Pratama S
    Banjarmasin: Permukiman warga Desa Sungai Bali, Pulau Sebuku, Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai dipulihkan setelah kebakaran yang menghanguskan hampir satu desa. Pemerintah Kabupaten Kotabaru segera melakukan rekontruksi kawasan permukiman. 

    "Kawasan padat penduduk tersebut akan kita tata dengan baik bekerjasama dengan Kementerian PUPR nantinya," ujar Bupati Kotabaru, Sayed Djafar, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu, 27 November 2019. 

    Sayed mengungkap korban kebakaran masih tinggal di tenda pengungsian, lantaran kehilangan tempat tinggal saat kebakaran. Dia memastikan berbagai bantuan dari masyarakat dan pemerintah telah tiba di Pulau Sebuku. 

    Kepala BPBD Kalsel, Wahyudin Ujud mengatakan rekonstruksi Pulau Sebuku akan melibatkan Kementerian PUPR. Sehingga permukiman di Pulau Sebuku tidak rentan kebakaran.

    "Tidak hanya Desa Sungai Bali tetapi juga penataan kawasan juga dilakukan terhadap permukiman desa lainnya di Pulau Sebuku maupun Kabupaten Kotabaru," ujar Wahyudin. 

    Data Pemerintah Desa Sungai Bali, Pulau Sebuku, kebakaran menghanguskan 200 rumah di tiga RT yang dihuni 750 jiwa. Luas kebakaran diperkirakan melanda sebagian besar permukiman di Desa Sungai Bali.

    Selain rumah, kebakaran pada Sabtu, 23 November 2019, juga menghanguskan fasilitas umum. Di antaranya bangunan sekolah, kantor desa, Polsek serta asrama polisi setempat.

    Pulau Sebuku adalah sebuah pulau kecil di wilayah Kabupaten Kotabaru. Pulau ini juga dikenak penghasil tambang batubara dengan perusahaan PT Silo dan perkebunan sawit. 

    Sebagian wilayah Pulau Sebuku adalah kawasan hutan Cagar Alam. Pulau dapat dijangkau menggunakan perahu motor dari Kotabaru maupun Kabupaten Tanah Bumbu, dengan waktu tempuh tiga jam. 




    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id