Legislatif: Usut Tuntas Perusakan Stadion GBT

    Syaikhul Hadi - 30 Oktober 2019 19:33 WIB
    Legislatif: Usut Tuntas Perusakan Stadion GBT
    Suporter Persebaya membakar papan sponsor usai pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya dan PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/10/2019). Kericuhan tersebut terjadi karena kekecewaan para suporter Persebaya usai timny
    Surabaya: Anggota DPRD Kota Surabaya, Buchori Imron menyayangkan insiden perusakan stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pasca kekalahan Persebaya Surabaya Melawan PSS Sleman. Ia menyarankan agar Pemerintah kota Surabaya mengambil langkah tegas atas insiden tersebut. 

    Menurut Buchori, Pemerintah Kota Surabaya harus mengambil langkah tegas, alasannya, perusakan maupun pembakaran fasilitas umum merupakan tindak kriminal. 

    "Ini harus diusut tuntas, Pemkot Surabaya harus melapor ke pihak kepolisian soal pembakaran GBT, siapa dibalik pembakaran dan pengrusakan GBT yang merupakan stadion kebanggan arek-arek Suroboyo. Ini jelas perbuatan kriminal." ujar Buchori Imron, Rabu, 30 Oktober 2019. 

    Pihak DPRD Surabaya akan mendukung Pemerintah kota dan Kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Jika hal ini dibiarkan, maka akan menjadi preseden buruk bagi dunia persepakbolaan di Indonesia, khususnya di Surabaya. 

    "Apalagi nanti GBT akan digunakan sebagai ajang piala dunia U 20. Tentu ini menjadi kebanggaan warga kota Surabaya. Nah kalau dirusak seperti ini, citra Kota Surabaya di mata dunia akan negatif," ungkapnya. 

    Ia menambahkan, perusakan fasilitas juga akan menambah beban anggaran yang ada. Untuk perbaikan gedung GBT saja, diperkirakan mencapai Rp100 miliar, dengan rincian di antaranya Rp.30 miliar perbaikan akses jalan menuju GBT, sedangkan Rp30 miliarnya lagi untuk fasilitas di stadion. 

    "Banyaknya anggaran perbaikan itu maka jika ada oknum yang merusak harus segera diproses ke penegak hukum. Harus diusut siapa dalang dibalik insiden ini," singkatnya. 

    Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya masih menginventarisir kerusakan pascainsiden yang terjadi di Stadion GBT. Kerusuhan terjadi pasca pertandingan sepakbola Persebaya Surabaya melawan PSS Sleman dengan skor 2-3. 

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Surabaya, Afghani Wardhana mengungkapkan ada beberapa bagian kerusakan terkait fasilitas yang ada di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Meski demikian pihaknya berjanji akan segera memperbaiki atas kerusakan fasilitas tersebut. 

    "Memang ada beberapa bagian yang rusak, ada juga yang terbakar, insyaallah nanti kita perbaiki secepatnya," ucap Afghani. 

    Saat ini, pihaknya sedang menginventarisasi fasilitas yang rusak untuk segera diperbaiki. Seperti lintasan lari, jaring Gawang, papan score, dan beberapa kerusakan lainnya. 

    "kami masih belum bisa menghitung total kerugiannya. Dikarenakan masih diinventarisir perlengkapan yang rusak. Insyaallah dalam waktu singkat kami perbaiki," tegasnya. 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id