Nadiem Dukung Muhammadiyah Kembangkan Pendidikan Sejak Dini

    Ahmad Mustaqim - 19 November 2019 11:37 WIB
    Nadiem Dukung Muhammadiyah Kembangkan Pendidikan Sejak Dini
    Mendikbud Nadiem Anwar Makarim saat memberikan pada acara Milad ke 107 Muhammadiyah di Sportorium UMY. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Bantul: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, mendukung peran Muhammadiyah berperan dalam dunia pendidikan. Ia menyoroti keberadaan TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA), salah satu sekolah di bawah naungan Muhammadiyah yang kini berusia 100 tahun.

    Nadiem mengatakan semangat pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan masih bisa dirasakan saat ini. Ia mengatakan semangat dahwah yang Dahlan jalankan bernuansa mencerdaskan kehidupan bangsa. 

    "Semangat beliau (KH. Ahmad Dahlan) lebih dari seabad yang lalu telah memberikan angin perubahan bagi bangsa indonesia yamg merdeka, maju, dan terdidik," kata Nadiem dalam peringatan Milad ke-107 Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Senin malam, 18 November 2019.

    Nadiem menjelaskan gerakan Muhammadiyah yang berciri semangat membangun tata sosial dan pendidikan masyarakat mampu membuat perubahan. Selain aspek pendidikan, nuansa Islam dalam edukasi yang disertakan menunjukkan agama tak hanya bersifat pribadi dan status. 

    "Tetapi dinamis dan berkedudukan sebagai sistem kehidupan manusia dalam segala aspeknya," jelas Nadiem.

    Ada sekitar 20 ribu PAUD atau TK yang dikelola Muhammadiyah. Nadiem menyatakan pendidikan anak saat usia dini merupakan momen penting dalam menanamkan pendidikan karakter. 

    "Indoesia tidak akan mungkin maju tanpa PAUD yang baik. Daru situlah, masa-masa emas di mana kita membentuk pemimpin masa depan kita," katanya. 

    Saat ini, ia melanjutkan, gerakan Muhammadiyah tidak hanya berkontribusi dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan.  Namun juga memiliki amal usaha yang bergerak di bidang kesehatan dan sosial. Inilah satu hal yg sy hotmati mengenai organisasi ini. 

    Nadiem menyebut banyak pemimpin yang hanya hanya berbicara mengenai berbagai macam impian dan misi. Ia menilai Muhammadiyah telah menunjukkan dengab kelakuan, tindakan, yang riil, berhasil menciptakab bakti sosial.

    "Saya salut sama Muhammadiyah untuk bergerak dulu. Saya sangatbkagum dan mengapresiasi semua perjuangan warga Muhammadiyah dalam melakukan upaya pembaharuan di kehidupan masyarakat, khususnya dengan lenyelenggaraan pendidikan yang lebih baik," ungkap Nadiem.
     
    Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menyatakan Muhammadiyah telah memantapkan dukungan ukhuwah Islamiyyah dan NKRI. Artinya, Muhammadiyah mendukung Indonesia sebagai negara Pancasila dan negara kesepakatan dan kesaksian. 

    "Muhammadiyah jangan lelah memberikan yang terbaik untuk bangsa ini. Jangan sampai Muhammadiyah kehilangan semangatnya sebagai jangkar, pemersatu, dan lem dari seluruh pertahanan bangsa ini," kata eks rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id