Pemkot Bandung Gandeng Ormas Memerangi Anarko

    Roni Kurniawan - 24 Oktober 2019 14:35 WIB
    Pemkot Bandung Gandeng Ormas Memerangi Anarko
    Aksi vandalisme saat peringatan Hari Buruh Internasional 2019 di Jakarta. (Foto: MI/Pius Erlangga)
    Bandung: Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung melakukan pertemuan dengan seluruh elemen organisasi masyarakat (Ormas) di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana. Pertemuan dilakukan untuk mengantisipasi kemunculan kembali kelompok anarko yang dianggap meresahkan.

    Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, mengatakan kelompok anarko menjadi salah satu permasalahan yang cukup berat terjadi saat ini. Bahkan Oded menilai anarko semakin masif pergerakannya di Kota Bandung yang kerap menyusupi berbagai unjuk rasa.

    "Permasalahan yang ada di Kota Bandung, seperti demo-demo, kita melihat bahwa ada anarko yang agak berat di Kota Bandung ini. Mereka sangat masif saya kira. Oleh karena itu kami sepakat semuanya elemen Kota Bandung untuk menjaga agar Bandung tetap kondusif," ujar Oded di lokasi, Kamis, 24 Oktober 2019.

    Oded menjelaskan kehadiran kelompok anarko harus dihadapi secara bersama oleh Forkopomda. Oded menilai persamaan visi misi menjadi hal penting untuk memberikan rasa aman dan tentram bagi masyarakat.

    "Maka kami dengan ormas berdiskusi untuk mengikuti persamaan visi misi agar Bandung tetap kondusif," jelas Oded.

    Sementara itu Kaporestabes Bandung, Kombes Irman Sugema, mengatakan pihaknya kerap mendapat laporan dari masyarakat terkait kehadiran kelompok yang diduga melakukan tidak anarkis. Pihak polisi pun menyiapkan beberapa langkah guna mengantisipasi hal tersebut.

    "Tentu harus dilakukan langkah langkah secara persuasif, preemtif, prepentif dan juga nanti secara penegakkan hukum," kata Irman.

    Irman pun mengajak Pemkot Bandung untuk mengawasi setiap pergerakan kelompok yang meresahkan masyarakat mulai dari tingkat kelurahan hingga instansi terkait.

    "Ini menjadi suatu solusi bersama dan semua pihak bertanggungjawab untuk menjaga kondusivitas Kota Bandung dan menghindari adanya tindakan anarkisme kekerasan, secara hukum tentu kami akan proses sesuai penegakkan hukum yang berlaku," pungkas Irman.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id