Bangunan Terdampak Angin Kencang di Batu Mulai Direhabilitasi

    Daviq Umar Al Faruq - 25 Oktober 2019 11:17 WIB
    Bangunan Terdampak Angin Kencang di Batu Mulai Direhabilitasi
    Salah satu bangunan di Kota Batu yang terdampak angin kencang. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
    Batu: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Jawa Timur, mulai melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi sejumlah bangunan yang terdampak bencana angin kencang di Desa Sumberbrantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

    Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, mengatakan, proses rehabilitasi dan rekonstruksi telah dilakukan sejak Kamis, 24 Oktober 2019. Sebanyak 16 unit rumah rusak di Dusun Lemah Putih, Krajan, dan Jurang Kuali telah diperbaiki.

    "Hingga saat ini, ada tiga rumah yang telah rampung 100 persen dari proses rehabilitasi dan rekonstruksi. Untuk yang lain masih dalam proses pengerjaan," katanya, Jumat, 25 Oktober 2019.

    Ia melanjutkan, kerja bakti rekonstruksi bangunan rumah warga dan fasilitas publik di Desa Sumberbrantas dilakukan kembali hari ini. Sebanyak 400 personel gabungan turut membantu proses rekonstruksi.

    "Saat ini fokus penanganan adalah untuk rekonstruksi keseluruhan rumah warga dan fasilitas publik yang terdampak bencana," ungkapnya.

    BPBD sebelumnya mendata terdapat 515 unit rumah rusak akibat bencana angin kencang di Desa Sumberbrantas. Rinciannya sembilan rumah mengalami rusak berat, 79 rumah rusak sedang, dan 427 rumah rusak ringan.

    Setelah data diperbarui, terdapat sejumlah fasilitas umum yang mengalami kerusakan akibat bencana. Antara lain, SD Tulungrejo 3 (Rusak Ringan) dan SMP Negeri 5 Rusak RIngan 

    "Untuk SD Tulungrejo 3, SMP 5 dan Polindes sudah dikondisikan oleh satuan Yonzipur 10/ZP/2 Kostrad," ujarnya.

    Hingga saat ini, bantuan logistik untuk warga Desa Sumberbrantas terus didistribusikan dalam bentuk bantuan paket kebutuhan pokok. Sedangkan, 50 persen rumah penduduk telah dialiri air.

    "Dan saat ini dilakukan suplai air oleh PDAM Kota Batu, Dinas penanggulangan Kebakaran Kota Batu dan Dinas PU Provinsi Jawa Timur," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id