PSIM Terancam Tak Bisa Main di Mandala Krida

    Ahmad Mustaqim - 23 Oktober 2019 08:50 WIB
    PSIM Terancam Tak Bisa Main di Mandala Krida
    Kepala Bidang Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Komisaris Besar Yuliyanto kedua kanan). (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
    Yogyakarta: Izin main klub sepak bola PSIM Yogyakarta di Stadion Mandala Krida terancam dicabut. Menyusul kerusuhan usai laga PSIM kontra Persis Solo pada laga penutup Liga 2 babak penyisihan grup wilayah timur pada Senin, 21 Oktober 2019.

    "Peristiwa ini jadi bahan pertimbangan kepolisian untuk pertandingan berikutnya. Akan kami evaluasi tentang pengamanannya sendiri, atau pelaksana dari pertandingan tersebut," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto, Selasa, 22 Oktober 2019.

    Yuli mengatakan pihaknya hanya akan mengevaluasi dari sisi pengamanan dan pelaksanaan. Sedangkan sanksi, sepenuhnya menjadi kewenangan PSSI.

    Evaluasi terkait izin, kata Yuli, lantaran kerusuhan serupa pernah terjadi pada 2000 saat PSIM kontra PSS Sleman. Kala itu, stadion Mandala Krida belum direnovasi.

    "Polisi nanti berkaitan dengan izinnya. (PSIM) diberikan izin atau tidak," kata dia.

    Laga PSIM melawan Persis memang berlangsung dengan tensi tinggi. Ucapan-ucapan rasisme dari tribun PSIM terlontar di sejumlah momen. Misalnya, saat suporter menyanyikan dukungan untuk PSIM. Di sela nyanyian diselipkan ucapan rasisme.
     
    Aura panas terjadi setiap pemain Persis selesai mencetak gol. Berbagai benda terlontar dari tribun suporter ke pemain maupun ke tempat duduk pemain dan ofisial Persis. Mulai dari gelas dan botol air mineral, botol minuman, hingga nasi bungkus dan batu.
     
    Saat laga bubaran, kerusuhan pun pecah. Para suporter sempat mengadang mobil kepolisian yang mengevakuasi para pemain hingga ofisial Persis.

    Kerusuhan berlangsung hingga malam. Setidaknya dua mobil milik aparat kepolisian dibakar. Hingga sekitar pukul 20.30 WIB, sejumlah suporter PSIM dibawa ke kantor polisi dari Simpang Empat Wirobrajan. 



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id