Khofifah Sebut Kehadiran Fisik ASN Lebih Penting

    Syaikhul Hadi - 14 Agustus 2019 16:00 WIB
    Khofifah Sebut Kehadiran Fisik ASN Lebih Penting
    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto: Antara/Sigid Kurniawan.
    Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa belum menerima wacana Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja di rumah. Khofifah beranggapan tingkat kehadiran ASN dalam sistem pelayanan sangat dibutuhkan.

    "Kehadiran secara fisik itu sangat penting. Jadi tidak hanya basis kinerja," kata Khofifah di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 14 Agustus 2019.

    Khofifah menjelaskan kewajiban secara administratif adalah bagian penting, mengingat layanan publik tertib administratif bisa dipertanggungjawabkan. Menurut Khofifah dalam pemerintahan ada skala indeks kinerja utama, angka sakit, pemeriksaan BPK, hingga pelanggaran-pelanggaran terhadap ASN yang sudah tercantum secara jelas. 

    "Ini sangat penting, karena layanan publik tertib administratif diambilkan dari sebuah anggaran negara dan sebagian besar anggarannya juga diambilkan dari pajak rakyat. Akuntabilitasnya banyak. Jadi tidak hanya berdasarkan basis kinerja dan produktifitasnya, melainkan tingkat kehadiran untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jadi ASN tetap harus mengikuti hari kerja," jelas Khofifah.

    Wacana agar PNS bisa bekerja dari rumah sebelumnya dilontarkan Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Setiawan Wangsaatmaja. Kemenpan-RB pun tengah mendesain sistem kerja PNS di kementerian dan lembaga agar bisa bekerja lebih fleksibel dengan meniru sistem kerja perusahaan rintisan atau startup.

    Fleksibilitas kerja dinilai menjadi hal penting menyusul prediksi terjadinya perubahan besar pada profil pekerja pada 2024, termasuk PNS sudah melek teknologi.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id