Penyembelihan Kurban di Sumenep Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

    Rahmatullah - 29 Juli 2020 15:40 WIB
    Penyembelihan Kurban di Sumenep Wajib Terapkan Protokol Kesehatan
    Suasana pemeriksaan hewan kurban di Sumenep, Jawa Timur, Senin, 27 Juli 2020. Medcom.id / Rahmatullah
    Sumenep: Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mewajibkan aktivitas penyembelihan hewan kurban menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya sebagai antisipasi penyebaran virus korona.

    "Wajib pakai masker, itu paling mendasar. Jadi karena sekarang masih pandemi virus korona, semua aktivitas penyembelihan hewan kurban wajib menerapkan protokol kesehatan," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten Sumenep, Zulfa, Rabu, 29 Juli 2020.

    Baca: Aktivitas Niaga Hewan Kurban di Sumenep Lesu

    Ia menyebut telah memaksimalkan sosialisasi dalam penerapan protokol kesehatan. Penerapan dilakukan selain kepada masyarakat juga bagi rumah pemotongan hewan.

    "Kalau Iduladha di sini rata-rata pemotongan paling banyak dilakukan sendiri-sendiri. Jadi ini yang penting dipahami oleh masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan," jelas Zulfa.

    Dalam menyosialisasikan aturan pencegahan penularan virus korona, Zulfa menyatakan telah melibatkan perangkat pengawasan kesehatan hewan di dinasnya. Sehingga tidak hanya melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, melainkan juga sosialisasi.

    Sasaran pemberian pemahaman dalam tata cara penybelihan hewan kurban selama masa pandemi covid-19 tidak hanya sebatas di wilayah perkotaan, melainkan juga mencakup pelosok kecamatan hingga desa.

    "Kami kan ada tim pemantau kesehatan hewan ternak. Jadi mereka juga melakukan sosialisasi itu. Jangan sampai kegiatan penyembelihan hewan menjadi penyebar korona," ujar Zulfa.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id