Khofifah dan Risma Dinilai Tak Mampu Tekan Covid-19

    Amaluddin - 09 Juli 2020 17:04 WIB
    Khofifah dan Risma Dinilai Tak Mampu Tekan Covid-19
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, dinilai tidak menjalankan langkah nyata untuk meminimalisasi penyebaran covid-19.

    Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga (FKM Unair) Surabaya, Windhu Purnomo, menilai deadline dari Presiden Jokowi untuk menekan kasus covid-19 selama dua pekan belum sesuai harapan.

    "Saya melihat tidak ada usaha yang signifikan dari pemerintah daerah, untuk mengejar target yang diberikan oleh presiden tersebut. Sehingga kasus terus naik," kata Windhu saat dikonfirmasi, Kamis, 9 Juli 2020.

    Baca: Adik dan Kakak Berprofesi Dokter Meninggal karena Covid-19

    Windhu mengaku mengamati testing, tracing, dan treatment pemerintah tak maksimal, baik itu
    Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim maupun Dinkes kabupaten/kota. Dinkes seharusnya mampu memaparkan peningkatan jumlah testing maupun tracing selama dua pekan.

    "Tapi perlu diingat kalau testingnya tinggi, tapi tidak di-tracing ya sama saja penularannya tetap akan tinggi. Jadi harus berseiring," jelasnya.

    Dari sisi mortalitas (kematian), Windhu melihat usaha pemerintah untuk menurunkan angka kematian akibat covid-19 atau Case Fatality Rate (CFR) belum signifikan. Mengingat CFR Jatim dan CFR Surabaya masih lebih tinggi dari pada nasional.

    "CFR Nasional itu 5,1. Sedangkan Surabaya 7,8. Kalau Jatim 7,4," ungkapnya.

    Menurutnya tingginya CFR khususnya di Kota Surabaya disebabkan kapasitas rumah sakit dan fasilitas kesehatan tidak bisa mengimbangi tingginya kasus covid-19.

    "Saya melihat memang ada peningkatan kapasitas bed, penambahan ventilator serta penambahan RS rujukan, tapi itu masih kecil. Sehingga belum mampu menampung banjir bandang dari masyarakat," ujar Windhu.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id