Seluruh Pegawai RSUD Kartini Jepara akan Dites Covid-19

    Rhobi Shani - 15 Mei 2020 15:37 WIB
    Seluruh Pegawai RSUD Kartini Jepara akan Dites Covid-19
    Direktur RSUD Kartini Jepara, Dwi Susilowati (kanan). (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
    Jepara: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kartini Jepara, Jawa Tengah, akan melakukan tes covid-19 terhadap seluruh karyawan. Anggaran yang dibutuhkan sebanyak Rp500 juta sudah disetujui pemerintah Kabupaten Jepara.

    Direktur RSUD Kartini Jepara, Dwi Susilowati, mengatakan, anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan 1.000 rapid test kit dan 30 swab. Rencana pemeriksaan pekerja di rumah sakit tersebut pun telah dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jepara.

    “Saat ini kami masih menunggu mendapatkan rapid test (kit) nya. Hal ini kami lakukan sebagai langkah antisipasi terhadap berbagai kemungkinan,” ujar Susi, Jumat, 15 Mei 2020.

    Usulan dilakukan rapid test dan swab muncul dari petugas medis dan paramedis RSUD Kartini Jepara. Keinginan ini kemudian disampaikan oleh direksi RSUD Kartini Jepara kepada pihak GTPP Covid 19 Jepara.

    “Kami tidak ingin apa yang terjadi di rumah sakit di luar daerah terjadi di sini, karena ketidakjujuran pasien,” kata Susi.

    Baca juga: Sebagian Warga DIY Abaikan Anjuran Pakai Masker

    RSUD Kartini juga telah menyiapkan ruangan khusus bagi pasien yang diragukan kejujurannya. Sembilan kamar telah disiapkan di ruang Flamboyan. Selain kamar orang dewasa, juga disiapkan ruangan khusus bayi.

    “Kalau pasien ditanya apakah pernah kontak atau punya riwat perjalanan jawabnya ragu-ragu, sudah disiapkan ruang tersendiri di Flamboyan,” ungkap Susi.

    Saat ini di ruang isolasi RSUD Kartini Jepara masih ada empat orang pasien dalam pengawasan (PDP). Itu termasuk satu PDP yang baru masuk hari ini. RSUD Kartini Jepara sendiri memiliki 10 ruang isolasi untuk penanganan pasien covid-19.

    “Kalau secara keseluruhan sejak Febuari lalu, sudah ada 157 pasien terkait covid-19 yang sudah dirawat. Kalau saat ini hanya ada empat pasien yang masih berada di ruang isolasi. Masih dalam proses penanganan,” pungkas Susi.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id