Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Intensifkan Penjualan Tiket Daring

    Daviq Umar Al Faruq - 07 Februari 2020 15:15 WIB
    Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Intensifkan Penjualan Tiket Daring
    Ilustrasi kapal ferry. (Foto: ANTARA/Kornelis Kaha)
    Malang: Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, dan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, akan mengintensifkan penjualan tiket kapal secara daring. Seluruh tiket kapal akan dijual secara daring mulai Maret 2020.

    "Sebenarnya (penjualan) tiket online kita sudah lama, mulai tahun lalu. Tapi animo masyarakat cenderung kecil, masih sangat sedikit," kata General Manager (GM) Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ferry Cabang Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Fahmi Alweni, Jumat, 7 Februari 2020.

    Menurut Fahmi, pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan kantor pusat untuk memberlakukan pembelian tiket online 100 persen. Terutama terkait pembenahan sistem reservasi online.

    "Alat-alat sudah siap. Bahkan kemarin waktu masa angkutan Natal dan tahun baru sudah ada yang beli online," bebernya.

    Ia menambahkan saat ini standar operasional prosedur (SOP) terkait reservasi tiket online masih disusun. Penjualan tiket juga akan dipermudah.

    "Kita sosialisasinya secara nasional, baik di cabang maupun pusat. Kita juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Perhubungan untuk pemberlakuan tiket online," jelasnya.

    Fahmi berharap pemberlakuan reservasi tiket online dapat mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih teratur. Selain juga meminimalisasi antrean kendaraan di pelabuhan.

    "Pergeseran dari transaksi go-show ke tiket online juga lebih nyaman," pungkasnya.

    PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana menerapkan pembelian atau reservasi tiket kapal secara online mulai bulan depan. Per 1 Maret 2020, pembelian tiket go show tidak berlaku lagi.

    Adapun penerapan reservasi online ini akan dilakukan pertama kali di empat pelabuhan utama yang dikelola perusahaan yakni Merak, Bakaheuni, Ketapang, dan Gilimanuk.






    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id