Pemprov Bangka Belitung Jamin Stok Bawang Putih Impor Aman

    Antara - 10 Februari 2020 19:11 WIB
    Pemprov Bangka Belitung Jamin Stok Bawang Putih Impor Aman
    Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah. (Foto: ANTARA/Aprionis)
    Pangkalpinang: Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjamin stok bawang putih impor di gudang distributor mencukupi dan aman untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat di daerah itu.

    "Saat ini stok bawang putih impor mencapai 10 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah, Senin, 10 Februari 2020.

    Ia mengakui saat ini pasokan bawang putih impor ini mengalami penurunan karena wabah virus korona di Tiongkok. Padahal negara tersebut merupakan negara pengekspor bawang putih terbesar ke Indonesia.

    "Stok bawang putih yang ada sekarang ini didatangkan sebelum mewabahnya virus korona dan negara penghasil bawang putih lainnya," ujarnya.

    Menurut dia dalam mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok, khususnya bawang putih, pemerintah provinsi telah melakukan langkah-langkah seperti optimalisasi pengawasan stok dan harga di pasar-pasar tradisional.

    "Kami bersama Satgas Pangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan instansi terkait melakukan peninjauan langsung ke gudang distributor, pasar modern dan tradisional, untuk memastikan stok dan harga bawang putih mencukupi," jelasnya.

    Ia menambahkan Bangka Belitung merupakan provinsi kepulauan yang masih mengandalkan pasokan kebutuhan pokok khusus bawang putih dari luar daerah.

    "Saya berharap masyarakat tidak perlu resah, karena pemerintah telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi kekosongan stok dan lonjakan harga tinggi sebagai dampak dari mewabahnya virus korona," ungkapnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepulauan Babel, Sunardi, menambahkan, saat ini stok bawang putih masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

    "Stok bawang putih ini masih aman, karena pelaku usaha sudah melakukan pasokan dalam jumlah besar sebelum merebaknya virus korona ini," pungkasnya.





    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id