Kalbar Tutup Pintu Perlintasan dengan Sarawak

    Antara - 18 Maret 2020 08:44 WIB
    Kalbar Tutup Pintu Perlintasan dengan Sarawak
    Ilustrasi. Medcom.id
    Pontianak: Perlintasan resmi darat antarnegara di Provinsi Kalimantan Barat telah ditutup sejak Rabu pagi, 18 Maret 2020. Penutupan pintu masuk Indonesia di Kalbar itu untuk mencegah penyebaran korona (covid-19) yang tengah mewabah di Sarawak, Malaysia.

    "Kami menutup pintu bagi semua yang akan masuk ke wilayah Kalbar," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar Manto, Rabu, 18 Maret 2020, melansir Antara.

    Manto mengatakan warga Kalbar yang hendak ke Sarawak pun dilarang. Tapi mempersilahkan warga negara asing (WNA) melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang akan keluar Kalbar. 
     
    "Dari laporan petugas di lapangan, di PLBN Entikong misalnya, tidak ada kendaraan yang melintas atau lewat dari kedua negara," ungkap Manto. 

    Tiga PLBN resmi terdapat di Kalbar yang berbatasan dengan Sarawak, yakni Entikong, Badau dan Aruk. Malaysia termasuk Sarawak adalah daerah dengan penularan covid-19 tinggi.

    Baca: RSUD Tidar Magelang Rawat 1 Pasien Positif Korona

    Sebelumnya, mulai 17 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan Kalbar menghentikan sementara trayek angkutan umum bus ke luar negeri. Yakni Pontianak-Kuching (Malaysia) dan Pontianak-Brunei Darussalam, untuk mengantisipasi penyebaran virus korona.

    "Penghentian sementara trayek ke luar negeri tersebut sebagai tindak lanjut dari surat yang dikeluarkan Gubernur Kalbar terkait kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap penyebaran Covid-19," tegasnya.

    Ia menerangkan kebijakan penghentian sementara trayek ke luar negeri sambil menunggu kebijakan dari Kementerian Perhubungan. Dia memastikan trayek kembali dibuka bila kondisi kedaruratan covid-19 telah mereda.

    "Kita semua berharap semoga kasus virus ini cepat berlalu sehingga aktivitas bisa berjalan seperti semula," harapnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id