Ikut Program Revitalisasi, KUA Ciawigebang Bantu Urus KK Pengantin Baru

    Ahmad Rofahan - 05 Juni 2021 13:46 WIB
    Ikut Program Revitalisasi, KUA Ciawigebang Bantu Urus KK Pengantin Baru
    Kantor Urusan Agama (KUA) Ciawigebang di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Medcom.id/Ahmad Rofahan



    Kuningan: Kantor Urusan Agama (KUA) Ciawigebang di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terpilih dalam program Revitalisasi KUA 2021. Berbagai fasilitas baru tersedia di sini. 

    Salah satu bagian yang direvitalisasi adalah adanya akses khusus bagi warga disabilitas dari area parkir hingga pintu masuk KUA. Terdapat dua besi penyangga yang akan membantu penyandang disabilitas untuk memasuki ruangan.

     



    Kemudian, ada pegawai yang siap melayani di bagian front office. Petugas ini akan menanyakan keperluannya dan membantu memberikan pelayanan secara maksimal.

    "Jika memang bisa diselesaikan di front office, maka diselesaikan disitu. Jika perlu langkah lanjutan, maka nanti akan diarahkan oleh petugas," ujar Kepala KUA Ciawigebang, Iman Rohiman, Jumat 4 Juni 2021.

    Sebagai bentuk peran KUA dalam menjaga keberagaman, pihaknya juga memiliki sebanyak 20 penyuluh agama yang bertugas memberikan pemahaman agama kepada masyarakat.

    Para penyuluh agama ini mendampingi 24 desa yang ada di Kecamatan Ciawigebang. Mereka mengisi sejumlah kegiatan di masjid serta sejumlah majelis taklim. 

    Iman memastikan bahwa tidak ada konflik antar agama ataupun antaraliran di wilayah ini. "Alhamdulillah, tidak ada konflik agama ataupun aliran disini," kata dia. 

    Terkait biaya administrasi, semua tarif yang berkaitan dengan kegiatan KUA ditempel dengan ukuran besar di ruang tunggu front office. Hanya ada satu tarif yang dibebankan, yaitu jika melangsungkan pernikahan diluar kantor KUA.

    "Itupun bayarnya langsung melalui rekening bank yang sudah ditentukan," tambah Iman.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id