Populer Daerah, Puluhan Desa di Kudus Masuk Zona Merah Hingga Titik Panas Terpantau di Bangka Belitung

    Lukman Diah Sari - 07 Juni 2021 08:00 WIB
    Populer Daerah, Puluhan Desa di Kudus Masuk Zona Merah Hingga Titik Panas Terpantau di Bangka Belitung
    ilustrasi Medcom.id



    Jakarta: Sejumlah berita di daerah pada Minggu, 6 Juni 2021, menarik perhatian publik. Pertama, puluhan desa di Kudus, Jawa Tengah, masuk zona merah covid-19.

    Kemudian, penularan covid-19 di Kota Bandung, Jawa Barat, meningkat. Terakhir, puluhan titik panas diduga kebakaran hutan dan lahan di Bangka Belitung terdeteksi.

     



    Berikut tiga berita populer daerah pada Minggu, 6 Juni 2021:

    1. 60 Desa di Kudus Masuk Zona Merah Covid-19

    Sebanyak 60 desa dari 132 desa/kelurahan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, masuk kategori zona merah. Temuan itu menyusul banyaknya kasus penyebaran covid-19 di puluhan desa tersebut.
     
    "Sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diberikan penekanan agar penanganan covid-19 di Kudus bisa lebih efektif," kata Bupati Kudus Hartopo. di Kudus, Jawa Tengah, Minggu, 6 Juni 2021.
     
    Dia menegaskan, evaluasi penanganan covid-19 harus selalu diperbarui setiap hari, khususnya untuk 60 desa yang masuk kategori zona merah. Selain itu, harus tersedia Posko Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 di setiap desa zona merah dan penanganannya juga harus lebih efektif.

    Selengkapnya baca di sini.

    2. Penularan Covid-19 di Bandung Meningkat Lagi

    Kasus penularan covid-19 di Kota Bandung, Jawa Barat, cenderung meningkat. Kasus bertambah lebih dari 100 per hari, sejak Jumat, 4 Juni 2021.
     
    "Tren naik terus. Ini saya pikir sudah di titik psikologis, menunjukkan bahwa fasilitas kesehatan baik rumah sakit atau tenaga medisnya sebentar lagi kolaps. Saya mah ngeri saja," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Bandung, Jawa Barat, Minggu, 6 Juni 2021.
     
    Data Pusat Informasi Covid-19 Kota Bandung menunjukkan jumlah akumulatif kasus infeksi virus corona (SARS-CoV-2) di Kota Bandung bertambah 101 menjadi seluruhnya 19.927 pada Sabtu, 5 Juni 2021, setelah penambahan kasus covid-19 sebanyak 102 menjadi 19.826 kasus dan pada Jumat, 4 Juni 2021.

    Selengkapnya baca di sini.

    3. Puluhan Titik Panas Terpantau di Babel

    Titik panas yang diduga adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bermunculan di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Minggu, 6 Juni 2021. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel Mikron Antariksa mengatakan, berdasarkan laporan BMKG Pangkalpinang, terpantau ada 61 titik panas.
     
    "Pantauan satelit, titik panas kita cukup banyak saat ini, titik panas ini bertebaran di kabupaten/Kota di Babel, jumlahnya mencapai 61 titik," kata Mikron.
     
    Ia memerinci, sebanyak 61 titik panas tersebut tersebar di Bangka delapan titik, di Kecamatan Bakam, Mendo Barat, Puding besar dan Riau silip. Kemudian, di Bangka Barat tujuh titik tersebar di kecamatan Jebus, Muntok dan simpang teritip, Bangka selatan 29 titik di kecamatan air Gegas, Payung, Simpang rimba dan Toboali.

    Selengkapnya baca di sini.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id