TNI AL Kerahkan Dua Pesawat Cari 42 Nelayan Hilang

    Antara - 18 Juli 2021 18:00 WIB
    TNI AL Kerahkan Dua Pesawat Cari 42 Nelayan Hilang
    Pasukan TNI-AL saat memberi bantuan pencarian terhadap ABK yang mengalami kecelakaan kapal di perairan Kalbar. Foto ANTARA/HO



    Pontianak: Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII Pontianak mengerahkan dua pesawat jenis CN 235 P-8305 dan Cassa NC-212 P-8203 untuk mencari 42 nelayan yang tenggelam. Pencarian dengan pesawat diharap bisa memberi hasil yang maksimal.

    "Dua pesawat udara itu merupakan bantuan dari Koarmada I dan sudah tiba di Pontianak dan langsung melakukan pencarian korban," kata Danlantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, di Pontianak, Minggu, 18 Juli 2021.

     



    Baca: SAR Pontianak Sebut Total Ada 17 KM Nelayan Tenggelam

    Dia menjelaskan pihaknya juga mengerahkan Kapal AL Sambas dan 2 Sea Rider Lantamal XII bersama unsur bantuan dari Koarmada I, yaitu KRI Usman Harun 359 dan KRI Kerambit 627 untuk pertolongan dan pencarian 17 kapal motor (KM) nelayan.

    "Kami berharap dengan adanya bantuan KRI dan pesawat udara dari Koarmada I maka dapat membantu pelaksanaan SAR gabungan yang sudah kita laksanakan bersama sejak tanggal 14 Juli 2021," jelasnya.

    Menurut Andi hari ini Sea Rider Lantamal XII melakukan evakuasi terhadap KM Hayden Mina Jaya yang mengangkut 10 ABK yang tenggelam di Perairan Pulau Sitijan Kalbar. Tiga dari sembilan ABK KM itu belum ditemukan sehingga KM harus dievakuasi ke perairan lebih dangkal guna memastikan jika masih ada korban yang terperangkap di dalam kapal.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id