comscore

67% Wilayah di Kabupaten Sanggau Terjangkau Akses Telekomunikasi

Rosa Anggreati - 26 Oktober 2021 14:23 WIB
67% Wilayah di Kabupaten Sanggau Terjangkau Akses Telekomunikasi
BAKTI Kominfo mempercepat pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Foto:Dok.Eagle Awards)
Kota Sanggau: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mempercepat pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar).

Kabupaten Sanggau yang berbatasan langsung dengan Malaysia, termasuk dalam wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar). Wilayah seluas 12.858 km persegi itu dahulu tak terjangkau akses komunikasi. Masyarakat setempat bahkan menggunakan kartu selular dari Malaysia demi bisa berkomunikasi menggunakan ponsel.
"Dahulu, masyarakat sulit mendapatkan informasi. Kehidupan masyarakat sangat dinamis. Hubungan kedua negara memengaruhhi kehidupan sosial-ekonomi, dan budaya masyarakat," kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau Joni Irwanto pada program Eagle Awards bertajuk Film Melihat Indonesia: Bakti dari Tepi Negeri.

Pembangunan BTS (base transceiver station) dimulai oleh BAKTI Kominfo di Desa Pala Pasang pada 2012. Sejak saat itu, aksesibilitas masyarakat terhadap informasi semakin luas.

67% Wilayah di Kabupaten Sanggau Terjangkau Akses Telekomunikasi

"Kami berterima kasih kepada BAKTI Kominfo karena sudah merintis, membuka daerah. Pembangunan  tower BTS kami usulkan mengikuti pertumbuhan demografi wilayah pemukiman sehingga akan memberikan manfaat terhadap masyarakat," ucap Joni.

Saat ini, koneksi internet sudah 67 persen. Sementara, 33 persen berada di wilayah terdalam yang belum terjangkau.

"Kita upayakan strateginya bagaimana secara bertahap dapat terbuka isolasi," ujar Joni.

Kehadiran jaringan telekomunikasi berdampak positif terhadap sektor ekonomi. Masyarakat lebih mudah dalam menjual hasil pertanian. 

Sektor pertahanan keamanan pun merasakan manfaatnya. Personel TNI terbantu kelancaran komunikasi dalam menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia. 

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id