BOR di Kabupaten dan Kota Tangerang Menurun

    Hendrik Simorangkir - 15 Agustus 2021 12:53 WIB
    BOR di Kabupaten dan Kota Tangerang Menurun
    Ilustrasi Medcom.id



    Tangerang: Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) pasien Covid-19 di rumah sakit di wilayah Kabupaten dan Kota Tangerang menurun signifikan. Hal ini dipengaruhi mulai dari banyaknya masyarakat yang telah menerima vaksin hingga kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

    Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani mengatakan pada awal Agustus 2021 tingkat hunian ruang perawatan atau tempat tidur pasien Covid-19 cenderung mengalami penurunan setiap harinya. 

     



    "Penurunan itu, baik di ruang perawatan maupun di ruang emergency khusus pasien covid-19 dengan angka kisaran 30-40 persen," ujarnya, Minggu, 15 Agustus 2021.

    Hilwani menuturkan BOR yang tersedia di RSUD Kabupaten Tangerang saat ini berjumlah total 164 tempat ruang rawat inap yang terdiri dari Intensive Care Unit (ICU) dan tempat isolasi. Serta ditambah sebanyak 41 ruang gawat darurat. 

    Baca: Kewalahan, Pemkot Tangsel Turunkan Target Capaian Vaksinasi

    "Mulai dari ruang emergency yang tadinya hanya tersedia 20 ruangan sekarang ada 41 ruangan, untuk ruang rawat inap, termasuk ICU covid-19, isolasi berjumlah 164 ruangan," katanya. 

    Penurunan juga terjadi pada angka kematian pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit rujukan Kabupaten Tangerang hingga mencapai 50 persen.  "Kalau untuk kasus kematian sendiri saat ini sangat jauh terjadi penurunan sampai 50 persen, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 70 persen," jelasnya. 

    Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mencatat hingga pada Jumat, 13 Agustus 2021, total keseluruhan pasien konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 24.471 kasus. 

    Sedangkan untuk pasien yang menjalani perawatan sebanyak 310 orang, kemudian pasien yang kini dinyatakan sembuh dari Covid-19 menjadi 22.493 orang. Sementara, jumlah pasien yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19 total ada 372 orang dan pasien isolasi total sebanyak 1.296 orang.

    Sementara, tingkat keterisian tempat tidur atau BOR pasien covid-19 di rumah sakit di Kota Tangerang menurun cukup signifikan. Penurunan itu mencapai 30,82 persen. 

    "Iya sekarang sudah mencapai angka itu (30,82 persen)," ucap Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

    Arief mengatakan meski tingkat keterisian keterisian kasur telah berada di bawah 50 persen, BOR ICU di rumah sakit rujukan masih berada di atas 50 persen. 

    "BOR ICU di rumah sakit rujukan di Kota Tangerang sekarang masih di angka 51,25 persen," katanya.

    Arief menambahkan penurunan BOR pun turut terjadi di delapan rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) se-Kota Tangerang.  "BOR di RIT menyentuh 31,39 persen. Sedangkan, pada awal Juli 2021, BOR di RIT mencapai 92 persen," jelasnya.
     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id