50 Penghuni Rusun di Surabaya Positif Covid-19

    Amaluddin - 31 Mei 2021 17:04 WIB
    50 Penghuni Rusun di Surabaya Positif Covid-19
    ilustrasi Medcom.id



    Surabaya: Jumlah swab massal penghuni rumah susun (rusun) di Surabaya, Jawa Timur, terus bertambah. Hasil tes Swab PCR massal di 18 rusun diketahui 50 orang penghuni positif covid-19.

    "Swab massal dilakukan karena awal ditemukan dua orang positif Covid-19 di Rusun Penjaringan Sari. Kemudian kita lakukan swab, ternyata ada 12 orang positif juga. Kemudian 18 rusun kita swab, ada sekitar 50-an yang positif," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Febria Racmhanita, di Surabaya, Senin, 31 Mei 2021.

     



    Baca: 30 Nakes di Jepara Terpapar Covid-19

    Dia menjelaskan dari 18 rusun milik Pemkot Surabaya itu, ada sebanyak 10.240 penghuni sudah dilakukan tes swab. Dari 50 orang yang positif, terbanyak penghuni rusun Penjaringan Sari, Rungkut.

    "Mereka menyampaikan baru datang mudik sekitar 4 hari atau 5 hari baru sampai di Surabaya. Jadi waktu kita swab hari ke lima mereka baru datang," jelasnya.

    Tes swab massal ini ditarget tuntas pekan ini. Tes swab sendiri dilakukan setelah ditemukan 12 penghuni Rusun Penjaringan Sari, Rungkut, positif covid-19. Sementara dari hasil tes swab yang dilakukan di Rusun Penjaringan Sari, ada 25 penghuni yang positif covid-19 dan saat ini sudah dilakukan isolasi di Asrama Haji.

    "Sekitar 25 orang sudah diisolasi di Asrama Haji. Tetapi banyak yang sudah pulang. Setelah dua hari di sana, diberi obat dan vitamin, hasil swabnya negatif," jelasnya.

    Dari puluhan orang penghuni yang hasil tesnya positif covid-19, kata Febria, rata-rata usia mereka masih produktif dan tidak mengalami gejala apapun. Dari hasil tes swab, tidak ditemukan mutasi virus covid-19 yang baru.

    Selain itu, setelah ditemukan kasus covid-19 di Rusun Penjaringan, Febria mengaku sudah melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. "Sudah dilakukan oleh PMK, sudah disteril, pagi pada saat mereka beraktivitas," ungkapnya.

    Sementara Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara, menambahkan ada sekitar 12 ribu penghuni di 18 rusun di Surabaya. Sementara yang baru divaksin mencapai 10.240 penghuni. "Pemkot akan mencari sisa penghuni yang belum dites swab, demi kepentingan tracing," ungkap Febri.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id