Pemkot Bekasi Tak Persulit Pemindahan 114 Makam Tertumpuk Sampah

    Antonio - 05 Oktober 2021 22:37 WIB
    Pemkot Bekasi Tak Persulit Pemindahan 114 Makam Tertumpuk Sampah
    Sejumlah pemulung tengah memungut sampah di TPA Sumur Baru, Kota Bekasi, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/ Antonio



    Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menginginkan 114 makam yang tertutup sampah di TPA Sumur Batu segera dipindahkan ke TPU Sumur Batu. Hal itu untuk mencegah terjadinya peningkatan volume sampah di lokasi makam.

    "Dia lagi minta fatwa atau LO (Legal Opinon) ke jaksa pengacara negara ke kajari. Tapi kalau saya si simple. Itu di situ berapa jenazah, tinggal angkat, gimana proses sesuai dengan syariat islam, pindahkan ke TPU kita sumur batu," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, di Bekasi, Selasa, 5 Oktober 2021.

     



    Baca: Pemkot Bekasi Bakal Pindahkan 114 Makam Tertimbun Sampah di TPA Sumur Batu

    Dia mengaku khawatir jika proses pemindahan makam tak kunjung berlangsung. Apalagi jika terjadi penambahan volume sampah di lokasi tersebut.

    "Kalau sekarang sulit ya, sulitnya di mana? yang kita khawatir kan penambahan jumlah volume sampah itu nanti bisa keuruk (teruruk) dan mungkin sudah banyak yang keuruk," jelasnya.

    Sebelumnya Pemkot Bekasi telah mengalokasikan anggaran untuk memindahkan sebanyak 114 makam warga yang tertimbun sampah di TPA Sumur Batu, Bantargebang, Kota Bekasi. Rencananya makam tersebut dipindahkan pada tahun ini.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, proses pemindahan makam tersebut akan segera dilakukan. "Makam lagi proses pemindahan," kata Yayan.

    Dia menjelaskan Pemkot Bekasi telah melakukan pembebasan lahan makam keluarga yang lokasinya berdampingan dengan TPA Sumur Batu pada 2020 lalu. Pembebasan lahan tersebut, kata dia, sudah sudah dilakukan pembayaran.

    "Dulu memang lokasi di situ makam, berdampingan dengan TPA, makam keluarga bukan TPU (Tempat Pemakaman Umum). Pada 2020 sudah dibebaskan, sudah oleh pemerintah dan nanti akan dipergunakan untuk pembuangan sampah TPA," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id