Pemudik di Terminal Bus Jati Kudus Dilakukan Tes GeNose

    Rhobi Shani - 28 April 2021 12:10 WIB
    Pemudik di Terminal Bus Jati Kudus Dilakukan Tes GeNose
    Pemudik tiba di terminal bus Jati Kudus menjalani tes GeNose di lantai dua Terminal Induk Jati Kudus. Medcom.id/ Rhobi Shani



    Kudus: Penyaringan pemudik dengan tes GeNose C19 acak mulai diberlakukan di Terminal Induk Jati Kudus, Kudus, Jawa Tengah. Tiap hari, puluhan penumpang bus yang tiba`di terminal bus Jati Kudus, dites.

    Kepala Terminal Induk Jati, Indarto, mengatakan pemeriksaan GeNose acak ini merupakan progam dari Kementrian Perhubungan. Progam ini efektif dijalankan mulai 17 April 2021 lalu.






    "Dari pusat, kami diberikan alat Genose beserta 300 kantong untuk satu bulan,” ujar Indarto, Rabu, 28 April 2021.

    Baca: Pemprov Sulteng Pastikan Stok Kebutuhan Bahan Pokok Aman

    Dari puluhan pemudik yang dites, hingga kini hasilnya negatif. Belum ada satu pun yang terkonfirmasi positif covid-19. Salah satu penumpang bus, Mukhatik, mengaku senang dengan adanya tes GeNose. Tes ini membuatnya merasa aman saat melakukan perjalanan mudik ke Jakarta.

    "Saya mau ke Jakarta ada pekerjaan. Kalau hasil tesnya sudah tahu kan jadi lebih aman di jalan," kata Mukhatik.

    Selain tes GeNose secara acak, pemudik yang tiba di Kota Kretek juga dites rapid antigen. Tes ini dilaksanakan Polres Kudus bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus.

    Baca: Pemudik Mulai Tiba di Kudus

    Kapolres Kudus, AKBP Aditya Surya Dharma, mengatakan pihaknya telah meminta anggota di tingkat desa untuk melakukan pendataan pemudik. Pemudik yang baru tiba akan dites covid dengan rapid test antigen.

    "Bagi pemudik yang sudah pulang kampung pekan ini. Bagi yang hasilnya positif nanti akan diminta isolasi mandiri, atau bisa juga diarahkan untuk melakukan isolasi di tempat lain. Bisa juga menjalankan isolasi di rumah sakit,” ujar Aditya.

    Polres Kudus juga akan mendirikan posko penyekatan. Itu untuk menghalau pemudik yang akan masuk Kabupaten Kudus. Posko penyekatan akan didirikan mulai 6 – 17 Mei 2021

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id