46 Paus Mati Terdampar di Perairan Bangkalan Madura

    Amaluddin - 19 Februari 2021 15:04 WIB
    46 Paus Mati Terdampar di Perairan Bangkalan Madura
    Paus terdampar di Selandia Baru. Foto: AFP.



    Surabaya: Sekitar 50 ekor ikan paus terdampar di pesisir perairan Desa Paterman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Belum diketahui pasti penyebab terdamparnya paus berjenis pilot tersebut.

    "Ada 50 ekor lebih yang terdampar sejak Kamis kemarin. Sebanyak 46 di antaranya mati, tiga paus selamat," kata Kapolsek Modung Bangkalan, AKP Suwaji, saat dikonfirmasi, Jumat, 19 Februari 2021.




    Baca: 12 Pengungsi Tanah Longsor Nganjuk Keracunan

    Menurut keterangan warga setempat, Suwaji, puluhan paus itu mulai terdampar di pesisir pantai sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis, 18 Februari 2021. Warga akhirnya bergotong-royong untuk menghalau ikan agar bisa kembali ke laut.

    Suwaji menduga segerombolan paus itu terdampar karena arus laut mengarah ke pantai. Akibatnya puluhan ikan paus itu kembali ke pesisir pantai pada tengah malam. "Ada yang berhasil dihalau, sisanya terdampar. Tapi untuk jumlah pastinya kita belum tahu," jelasnya.

    Sementara Rois Alfarista, warga Desa Blega, Madura, membenarkan ada 50 lebih ekor paus terdampar di perairan Bangkalan. Namun Rois belum bisa memastikan jumlah pasti berapa jumlah paus yang terdampar dan selamat.

    "Ada 50 ekor lebih, tapi tadi saya dan warga hitung tinggal 38 ekor mati, sisanya sudah kembali ke laut saat pasang," ungkap Rois.

    Menurut Rois kawanan paus tersebut memiliki ukuran variatif. Mulai dari kecil, sedang, hingga berukuran besar. "Ukurannya ada yang sampai 5 meter. Tadi pagi sudah ada petugas dari BKSDA, sudah dievakuasi beberapa ekor," katanya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id