Masih zona Merah, Jayapura Belum Terapkan Belajar Tatap Muka

    Roylinus Ratumakin - 04 Januari 2021 16:10 WIB
    Masih zona Merah, Jayapura Belum Terapkan Belajar Tatap Muka
    ilustrasi Medcom.id
    Jayapura: Pembelajaran tatap muka (PTM) di Papua boleh dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Pemerintah daerah tidak boleh memaksakan PTM untuk mencegah penyebaran covid-19

    "Sebenarnya PTM di Papua bisa saja dilakukan, namun harus bagi daerah yang masuk dalam zona hijau peta penyebaran covid-19. Namun, walau zona hijau, harus juga diterapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Kepala Bagian Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Papua, Aaron Rumainum, Senin, 4 Januari 2020.

    Baca: Pemkab Jepara Tak Anggarkan Bansos Covid-19

    Dia menjelaskan, untuk menentukan sekolah bisa menggelar PTM di daerah zona hijau harus diperhatikan kebersihan dan sirkulasi ruangan kelas, ketersediaan atau fasilitas cuci tangan apakah memadai atau tidak.

    "Selain itu, setiap guru dan siswa harus di screening sebelum PTM dilakukan. Kalau ada salah satu guru atau siswa yang menunjukkan gejala sakit, lebih baik dirumahkan. Atau tidak usah dilakukan PTM," jelasnya.

    Untuk Kota Jayapura, kata Aaron, belum bisa dilakukan PTM karena Kota Jayapura masih masuk dalam zona merah penyebaran covid-19. "Saya berharap tidak dilakukan PTM karena tingkat penyebaran covid di sini, masih tinggi," ungkapnya.

    Aaron mnyebut, untuk daerah yang zona hijau juga harus dibuka secara berjenjang, misalnya sekolah tingkat SMA dibuka terlebih dahulu sambil dilihat perkembangan proses PTM dan juga klasifikasi penyebaran covid-19.

    "Dan kalau memang PTM dilakukan, sebaiknya proses PTM dilakukan satu jam saja untuk satu mata pelajaran, habis itu siswa disuruh keluar dari ruangan. Jadi, intinya, jangan berlama-lama dalam ruangan kelas, apalagi sirkulasi udaranya tidak baik," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id