Almarhum Abuya Uci Thurtusi Dikenal Dekat dengan Gus Dur

    Sri Yanti Nainggolan - 06 April 2021 12:38 WIB
    Almarhum Abuya Uci Thurtusi Dikenal Dekat dengan Gus Dur
    Ulama kharismatik sekaligus pimpinan Pondok Pesantren dan Majelis Ta'lim Al-Istiqlaliyyah, Uci Thurtusi. (Foto: Istimewa)



    Jakarta: Ulama karismatik sekaligus pimpinan Pondok Pesantren dan Majelis Taklim Al-Istiqlaliyyah, KH Uci Thurtusi, di Kampung Cilongok, Desa Sukamantri Pasar Kemis, Tangerang, Banten, meninggal.  Tokoh yang akrab disapa Abuya Uci tersebut dikenal dekat dengan Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

    Berdasarkan situs resmi Nahdlalul Ulama (NU) Nu.or.id, kedekatan Abuya Uci dengan Gus Dur terlihat dari sikap dua ulama ini yang saling mendukung penguatan ilmu agama dan akidah umat Muslim di Indonesia. Gus Dur beberapa kali mengisi pengajian di Pesantren Cilongok saat masih hidup.






    Sementara, sepeninggal Gus Dur, Abuya Uci masih bertandang ke Pondok Pesantren Yayasan Wakhid Hasyim di Ciganjur, Jakarta Selatan, pada 2014. 

    "Saya lalu menjemput beliau di pool taksi di Jalan Warung Sila. Setelah ketemu, saya ikut di mobil ngantar sampai ndalem Ciganjur. Tapi, sebelum tiba di masjid, kami jalan kaki dulu sekitar 500 meter," kenang salah satu Gusdurian, Masiyono, Selasa, 6 April 2021. 

    Pribadi Abuya juga dikenal baik oleh para aktivis Gusdurian. Hal itu diungkapkan Gusdurian lain, Sandro, yang mengaku disambut baik oleh Abuya Uci. 

    "Saya pernah ajak ziarah keliling Banten-Serang bersama Gusdurian Jakarta. Sebelumnya disuruh makan dulu di pondok pesantren beliau dan didoakan," ujar Sandro.

    Selain Gus Dur, ulama yang juga dekat dengan Abuya Uci adalah Habib Maulana Lutfi bin Yahya. Saat ini, Habib Maulana tinggal di Pekalongan, Jawa Tengah.   

    Kabar wafatnya Abuya Uci disampaikan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy. Melalui media sosial resminya, Andika mengucapkan belasungkawa.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id