Sultan Minta Sekda DIY Kawal Pembangunan Infrastruktur

    Patricia Vicka - 06 November 2019 15:26 WIB
    Sultan Minta Sekda DIY Kawal Pembangunan Infrastruktur
    Pelantikan Kadarmanta Baskara Aji sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DIY. (Foto: Medcom.id/Patricia Vicka)
    Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Kadarmanta Baskara Aji sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DIY. Penyelesaian pembangunan infrastruktur tol menjadi salah satu tugas utama Baskara sebagai sekda baru.

    Sri Sultan HB X meminta Baskara fokus pada akselerasi pembangunan proyek konektivitas dan infrastruktur baik yang diampu pemerintah pusat maupun provinsi dan kabupaten/kota.

    "Sekda harus hadir sebagai akselerator pembangunan aerotropolis dan prasarana konektivitas Yogyakarta International Airport, baik ke arah Yogyakarta maupun ke Joglo-Semar. Juga jalan tol Jogja-Solo dan tol Jogja-Bawen," jelas Sri Sultan di Kepatihan Yogyakarta, Rabu, 6 November 2019.

    Selain itu, Baskara juga diharuskan mengawal proyek infrastruktur yang masih berlangsung. Di antaranya Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS), kawasan strategis keistimewaan DIY, kawasan cagar budaya, dan kawasan Geopark Heritage.

    "Juga pembangunan Tanjung Adikarto, Marine Techno Park, dan Agro Techno Park. Juga kawasan ekonomi khusus (KEK) berbasis industri kreatif," ungkapnya.

    Dari sisi organisasi dan kelembagaan, Baskara punya tugas mengintegrasikan koordinasi antardinas dan bidang di dalam pemerintahan. Sinergi dibutuhkan demi merealisasikan visi dan misi serta target kebijakan dan kegiatan yang sudah ditetapkan.

    "Juga tetap menjalankan reformasi birokrasi seperti yang diminta presiden," ujar dia.

    Terakhir, Baskara diminta melakukan kaderisasi kepemimpinan.  Pasalnya tahun depan ada banyak pejabat di lingkungan pemerintahan DIY pensiun.

    Pun proses kaderisasi yang dimulai dari eselon III diminta berorientasi pada hasil kinerja dan proses bekerja. Baskara Aji harus menyiapkan aparatur sipil negara (ASN) yang siap memasuki era revolusi industri 4.0.

    "Buat sistem yang menggunakan reward and punishment serta memiliki kontrol yang ketat. Sehingga bisa menciptakan calon pemimpin berintegritas tinggi," imbuh Sultan.

    Sementara itu, Baskara mengatakan segera mengumpulkan seluruh dinas untuk membicarakan skala prioritas dan penentuan waktu kerja. Ia yakin mampu menyelesaikan tugas yang dibebankan kepadanya jika ada koordinasi yang baik antarlembaga.

    "Terkait jalan tol, semua sudah ada timeline-nya. Saya tinggal memperbanyak komunikasi dengan pemerintah pusat supaya cepat selesai," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga DIY ini.

    Terkait kaderisasi, ia menambahkan akan melakukan asesmen untuk meletakkan orang yang tepat di jabatan yang pas. Ia menegaskan proses kaderisasi selama ini sudah cukup baik dan menghasilkan bibit pemimpin yang siap memimpin.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id