Pengaruh Keraton Agung Sejagat hingga ke Sumatra

    Mustholih - 16 Januari 2020 13:27 WIB
    Pengaruh Keraton Agung Sejagat hingga ke Sumatra
    Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Kabupaten Purworejo. (Foto: ANTARA/dok. pribadi)
    Semarang: Polda Jawa Tengah menyebut Keraton Agung Sejagat (KAS) tak cuma mengumpulkan pengikut di Pulau Jawa. Raja dan Ratu KAS Totok Santosa dan Fanni Aminadia bahkan memperluas pengaruhnya hingga ke Sumatra.

    "Dari hasil interogasi, (Keraton Agung Sejagat) bukan hanya di Purworejo. Di tempat lain seperti Klaten, Yogyakarta, dan Lampung juga ada. Sedang kami dalami," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar Fitriana, Kamis, 16 Januari 2020.

    Sejak dideklarasikan pada 2018, kata Iskandar, Kerajaan Agung Sejagat berhasil menjaring 450 pengikut. Korban bahkan rela menggelontorkan Rp110 juta agar 'sah' menjadi pengikut KAS.

    "Hasil pemberkasan ada saksi yang mengeluarkan uang Rp110 juta. Kita (juga) temukan saksi yang setor Rp30 juta. Yang setor ini belum pernah mendapatkan gaji," ujar Iskandar.

    Sepanjang penyidikan, Iskandar menyebut Totok dan Fanni tak sekalipun menunjukkan penyesalan telah mendeklarasikan diri menjadi raja dan ratu KAS.

    "Tersangka berkukuh tidak bersalah. Karena mengakui Raja itu benar," ungkapnya.

    Dalam kasus ini, Totok dan Fanni ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan dan berbuat onar. Mereka dikenai Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang menyiarkan kabar bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan.

    Iskandar mengungkap Totok Santosa sampai saat ini ditahan di tahanan Polda Jateng. "Kalau tersangka wanita hari ini segera dititipkan ke Lapas Bulu," imbuh dia.

    Iskandar mengatakan selama mengeklaim sebagai raja dan ratu, Totok dan Fani juga telah mengajak pengikutnya menjalani ritual menyimpang dari agama yang telah diakui.

    "Ada ritual-ritual bakar-bakar kemenyan, sesajen, nyanyi-nyanyian, dan segala macam," pungkasnya.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id