Viral Polisi Letupkan Senjata Saat Pesta Adat di Lampung

    Lampost - 19 September 2019 15:58 WIB
    Viral Polisi Letupkan Senjata Saat Pesta Adat di Lampung
    istimewa.
    Lampung: Jagat media sosial dihebohkan viralnya video tiga orang pria yang melepaskan tembakan ke udara, dengan menggunakan senjata jenis Setyr. Usai ditembakan terlihat anak-anak kecil langsung memungut selongsong peluru tersebut. Suasana video tersebut seperti dalam sebuah agenda pesta adat.

    Kabid Humas Polda Lampung Kombespol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan peletupan senjata itu merupakan serangkaian adat Begawi di Jalan Abratk, Kotabumi Udik, Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara.

    Pada saat kegiatan turun mandi dan pepadun/pemberian gelar adat Lampung dilakukan tradisi turun temurun yaitu membunyikan suara petasan ke udara untuk memeriahkan proses pemberian gelar adat Lampung (sutan/pangeran).

    "Jadi kronologinya sebenarnya ada pesta adat, kemudian di sesi turun Mandi kan tradisinya harus adanya bunyi-bunyian seperti merecon, atau apa, tapi karena enggak ada, jadi inisiatif dengan senjata," ujar Pandra, Kamis, 19 September 2019.

    Dari informasi yang didapat ketiganya merupakan anggota polisi yang berdinas. Ketiganya polisi itu yakni, BA yang berdinas di Baharkam Mabes Polri dan ditempatkan di Sumatera Selatan, ia menembakkan senjata jenis Steyr.

    Kemudian Bripka WAW yang berdinas di Polsek Abung Tengah menembakkan senjata jenis revolver, dan Briptu OK berdinas di Polres Way Kanan menembakkan senjata jenis SS1 ke udara.

    "Kebetulan ketiganya ini keluarga yang punya hajat, dua dinas di Lampung, yang satu itu dari Kabaharkam Pol Air," katanya.

    Saat ini sedang dilakukan klarifikasi dan pemeriksan oleh Bidpropam Polda Lampung, berkaitan dengan Perkap 1 nomor 2019 soal SOP penggunaan kekuatan (senjata api) oleh aparat kepolisian.

    "Masih didalami Bidpropam Polda Lampung," katanya.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id