Polisi Pulangkan Empat Orang Pembawa Bendera Bintang Kejora

    Roylinus Ratumakin - 02 Desember 2019 15:54 WIB
    Polisi Pulangkan Empat Orang Pembawa Bendera Bintang Kejora
    Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Robby Urbinas. Foto Medcom.id Roy Ratumakin
    Jayapura: Polisi memulangkan empat orang yang membawa bendera Bintang Kejora ke dalam Gereja Katolik Gembala Baik, Abepura, pada Minggu, 1 Desember 2019 dipulangkan. Polisi tidak menemukan adanya unsur pidana makar dalam insiden tersebut.

    "Ke empat orang tersebut dengan inisial MY, DT, DD, dan PH sudah kami pulangkan pada pukul 01.00 WIT tertanggal 2 Desember 2019 atau dinihari tadi," kata Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Robby Urbinas, di Mapolres Kota Jayapura, Senin, 2 Desember 2019.

    Urbinas menjelaskan dalam pemeriksaan yang sudah dilakukan terhadap keemmpatnya, penyidik tidak menemukan unsur makar. Menurut Urbinas keempatnya melakukan hal tersebut lantaran adanya selebaran yang beredar di kalangan masyarakat tertentu.

    "Jadi ke empat orang ini bukan karena niat sendiri tetapi adanya ajakan dari selebaran yang didapatkan pada 28 November 2019. Akibat dari selebaran tersebut, ke empat orang tersebut menyiapkan peralatan untuk membuat kain dan mengecat dalam motif Bintang Kejora," jelas Urbinas.

    Menurut Urbinas isi selebaran tersebut pada intinya adalah mengajak masyarakat Papua datang menghadiri ibadah peringatan 58 tahun hari kemerdekaan West Papua (Papua Barat) di Lapangan Trikora, Abepura pada pukul 11.00 WIT, 1 Desember 2019.

    "MY, DT, DD, dan PH akhirnya berkumpul di Perumnas III, Distrik Waena pada pukul 08.00 WIT dan menuju ke Lapangan Trikora, namun sesampainya di sana tidak ada aktivitas ibadah seperti dalam selebaran tersebut. Akhirnya ke empat orang tersebut melanjutkan perjalanannya ke Gereja Katolik untuk mengikuti Misa seperti layaknya Misa pada hari minggu lainnya," ungkap Urbinas.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id