comscore

Bandung Gelar Pasar Kreatif untuk Geliatkan Ekonomi

Roni Kurniawan - 05 Juli 2022 18:40 WIB
Bandung Gelar Pasar Kreatif untuk Geliatkan Ekonomi
Suasana Pasar Kreatif Bandung di Trans Studio Mal, Selasa, 5 Juli 2022. Medcom.id/ Roni Kurniawan
Bandung: Pemerintah Kota Bandung menggelar Pasar Kreatif sebagai upaya untuk menggeliatkan kembali roda ekonomi di tengah pandemi covid-19. Pemkot Bandung pun menargetkan Rp36 miliar dari kegiatan Pasar Kreatif yang digelar di 6 pusat perbelanjaan sejak 1 hingga 10 juli 2022.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengatakan peserta pasar kreatif  tersebut merupakan produk lokal yang dibina dan diseleksi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian. Setiap pusat perbelanjaan pun ditargetkan mampu menghasilkan Rp6 miliar bagi para pelaku usaha lokal tersebut.
"Alhmdulillah ini adalah pelaksanaan pertama Pasar Kreatif di TSM dan nanti kedua akan ada di Festival Citylink, Ciwalk, Kings, dan terakhir di Paskal. Kita dari tanggal 1 sampai 10 (Juli) Insya Allah target kita Rp6 Miliar. Rp6 miliar hanya di TSM saja belum nanti ditempat lain, jadi ini satu mall targetnya Rp6 miliar," kata Yana usai meninjau Pasar Kreatif di Trans Studio Mall (TSM), Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Selasa, 5 Juli 2022.
 
Baca: Kasus Covid-19 Terus Naik, Bandung Genjot Vaksinasi Booster

Sementara Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah, mengaku setiap pusat perbelanjaan diisi oleh 30 pelaku UMKM yang telah lolos seleksi. Produk yang dijual pun berbagai macam, seperti makanan, fesyen, dan kerajinan tangan.

"Dan ini ada 6 mall kurang lebih ada 180 pelaku usaha, ini beda beda dan ini wajah barunya kurang lebih 54 orang dari 180, 54 nya wajah baru," ujar Elly.

Elly mengaku produk fesyen masih menjadi unggulan bagi UMKM di Kota Bandung karena minat masyarakat masih tinggi. Ia berharap, pendapatan bagi para UMKM bisa terus bertambah dengan adanya Pasar Kreatif tersebut ditengah masa pandemi Covid-19.

"TSM tahun lalu 10 hari mencapai Rp1,1 miliar. Di TSM sekarang baru empat hari sudah mencapai Rp1,2 miliar, ini menunjukan ada geliat ekonomi yang cukup tinggi," ujar Elly.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id