comscore

Pemalsuan Deposito Nasabah, Kuasa Hukum Sebut BNI Tak Wajib Ganti Rugi

MetroTV - 02 Juli 2022 23:24 WIB
Pemalsuan Deposito Nasabah, Kuasa Hukum Sebut BNI Tak Wajib Ganti Rugi
Kuasa hukum BNI Ronny L.D. Jannis. Foto: Dok/Metro TV
Makassar: Pengadilan Negeri Makassar memutuskan pegawai BNI cabang Makassar, Melati Bunga Sombe terbukti bersalah atas kasus pemalsuan bilyet deposito. Kuasa hukum BNI Ronny L.D. Jannis, menegaskan dalam putusan pengadilan, tidak ada kewajiban BNI untuk mengganti rugi.

"Bila kita perhatikan diktum keputusan tersebut, tidak terdapat keputusan yang menghukum BNI untuk mengganti kerugian kepada nasabah. Maka, tuntutan untuk mengganti kerugian nasabah tidak sesuai hukum," terang Ronny dalam program Top News, Sabtu, 2 Juli 2022.
Ronny menjelaskan kasus tersebut bersifat individual. Melati Bunga Sombe terbukti melakukan tindak pidana perbankan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Atas perbuatannya, Melati dikenakan hukuman 10 tahun penjara, denda 10 miliar dan subsider 4 bulan.

BNI telah melaporkan kasus pemalsuan deposito ke Bareskrim Polri pada awal 2021. Dalam kasus ini, kerugian yang diterima nasabah mencapai Rp45 miliar.

Tim kuasa hukum BNI Wahbi Rahman mengatakan, nasabah yang merasa dirugikan dapat menempuh jalur hukum perdata. Ia berharap pihak yang merasa dirugikan tidak membentuk opini publik.

"Negara kita ini kan negara hukum, sehingga segala proses penyelesaian dengan adanya permasalahan dan tuntutan ganti kerugian, sebaiknya diselesaikan melalui jalur hukum pula," kata Wahbi dalam program Top News, Sabtu, 2 Juli 2022.

Sementara itu, sekretaris perusahaan BNI Mucharom mengatakan, operasional dan layanan nasabah BNI tetap berjalan normal. Ia meminta setiap pihak untuk menghormati proses hukum yang berjalan. (Vania Augustine Dilia)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id