comscore

10 Nakes Positif Covid-19, 1 Puskesmas di Bukitinggi Ditutup

Antara - 24 Februari 2022 22:07 WIB
10 Nakes Positif Covid-19, 1 Puskesmas di Bukitinggi Ditutup
Ilustrasi Medcom.id
Bukittinggi: Sekurangnya 10  tenaga kesehatan (nakes) di salah satu puskesmas di Bukittinggi, Sumatera Barat terpapar covid-19. Puskesmas tersebut harus ditutup untuk sementara waktu.

Kepala Puskesmas Rasimah Ahmad Bukittinggi, Mailinda Irianti mengatakan 10 nakes yang terkonfirmasi positif covid-19 itu membuat semua layanan dihentikan selama tiga hari kecuali instalasi gawat darurat (IGD).
"Selain 10 nakes yang terpapar, umumnya nakes lain juga terkendala faktor kelelahan karena beberapa waktu belakangan harus lembur. Ada lima orang lagi yang mengalami gejala, kami sudah koordinasikan dengan kepala Dinas Kesehatan hingga harus menghentikan sementara pelayanan," kata Mailinda di Bukitinggi, Kamis, 24 Februari 2022.

Ia mengatakan layanan IGD dan ibu hamil serta balita diusahakan tetap dilayani meski kekurangan tenaga kesehatan saat ini. Pihaknya tidak bisa memastikan dari mana penularan didapat oleh para tenaga kesehatan yang kini menjalani isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing.

Baca: 95% Lansia di Surabaya Sudah Divaksin Booster

"Beberapa waktu belakangan memang seluruh nakes sibuk berkeliling baik dari sekolah atau kelurahan, kami pastikan juga tenaga kesehatan sudah memakai APD lengkap tapi tetap terkonfirmasi, apalagi Omicron yang mudah penyebarannya," kata dia.

Puskesmas di Bukittinggi, menurutnya juga telah menerapkan protokol ketat kepada pasien dan pengunjung yang datang untuk meminimalisir penyebaran wabah.

"Kita sediakan antigen gratis juga di sini, tenaga kesehatan kami juga sudah booster, pelajarannya adalah tetap imbauan kepada warga untuk patuh prokes karena vaksin bukan berarti kita kebal penyakit secara total," kata Mailinda.


(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id