comscore

Nuri Hitam di Pulau Seram Terancam Punah

Antara - 14 Maret 2022 15:55 WIB
Nuri Hitam di Pulau Seram Terancam Punah
Ilustrasi--Petugas balai karantina Surabaya menunjukkan satwa ilegal yang diselundupkan melalui jalur laut. (ANTARA/Indra)
Ambon: Burung Nuri kepala hitam atau biasa disebut nuri Seram terancam punah karena banyak yang memanfaatkan burung tersebut secara ilegal,

“Burung nuri Seram ditangkap secara ilegal, terus dijual ke luar daerah, kondisi tersebut menjadi ancaman keberadaan burung nuri akan semakin punah,” kata Pengolah Data, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku, Stefanus Tualena. di Ambon, Senin, 14 Maret 2022.
Ia menerangkan, burung nuri kepala hitam merupakan satwa endemik langka di Maluku yang hanya ada di Pulau seram.

Baca juga: Polisi Segera Gelar Perkara Kasus Moge Tabrak 2 Bocah Kembar

Tualena menyebutkan beberapa kali BKSDA Maluku melakukan inventarisasi untuk populasi burung nuri Seram dan kakatua Seram. Jumlah yang tersisa hanya sekitar 500 ekor.

“Kami masih terus melestarikan burung-burung ini, masih tetap kita jaga di sini, karena ini bukan burung endemik Maluku,” ungkapnya.

Ia berharap, masyarakat juga turut serta mendukung dan merespons untuk melihat hal-hal seperti ini, bahwa satwa-satwa Maluku harusnya dilindungi dan dilestarikan.

“Saat ini kami  menerima satwa-satwa asal Maluku yang dikirim balik dari luar daerah Maluku, dan akan kami rehabilitasi, mengembalikan ke habitatnya,” jelas Tualena.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id