comscore

Rieke Diah Pitaloka Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia

Whisnu Mardiansyah - 25 Mei 2022 21:08 WIB
Rieke Diah Pitaloka Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia
Rieke Diah Pitaloka raih gelar doktor ilmu komunikasi dari Universitas Indonesia. Istimewa
Depok: Aktris sekaligus politikus Senayan Rieke Diah Pitaloka resmi menyandang gelar doktor ilmu komunikasi dari Universitas Indonesia. Rieka menjalani sidang promosi doktor Ilmu Komunikasi di Auditorium Juwono Sudarsono kampus FISIP UI, Depok.

Hebatnya, Rieke meraih gelar doktor tersebut dalam waktu cepat tanpa cuti dengan predikat nilai cumlaude. Masa studi ditempuh dalam waktu 2 tahun 8 bulan 2 hari. Rieke Diah Pitaloka merupakan doktor bidang Ilmu Komunikasi FISIP UI ke-124, dan doktor perempuan ke-63. 
"Mohon doanya ya gaaisss, aku akan sidang promosi doktoral di @univ_indonesia. Semoga berjalan lancar dan lulus. Amin," cuit Rieka di akun twitter pribadinya. 

Dalam sidang promosi doktor itu, Rieke mempresentasikan disertasi yang berjudul "Kebijakan Rekolonialisasi: Kekerasan Simbolik Negara Melalui Pendataan Perdesaan".

Baca: Menhub Budi Karya Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari UGM

Dalam disertasinya, Rieke mengungkapkan data yang direproduksi negara tidak mengintegrasikan antara data spasial dan numerik. Akibatnya data tersebut sulit dikonfirmasi, diverifikasi dan divalidasi.

Ia mengungkapkan kualitas data negara tidak memenuhi prinsip-prinsip data yang aktual, akurat dan relevan (pseudo data). Namun data tersebut tetap dianggap data yang memiliki legalitas sebagai basis data kebijakan pembangun, karena prosesnya berpedoman pada peraturan perundang-undangan.

Rieke menyebut hal ini sebagai kekerasan simbolik negara, kekerasan yang beroperasi dengan cara mengatur, mamaksakan, bahkan bisa saja merekayasa pendataan dan data perdesaan. Ketika pseudo data dijadikan basis kebijakan publik, maka dampaknya adalah marginalisasi berkesinambungan oleh negara.



(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id