Pelonggaran Transportasi tak Menggugurkan Kewajiban Karantina

    Triawati Prihatsari - 12 Mei 2020 15:41 WIB
    Pelonggaran Transportasi tak Menggugurkan Kewajiban Karantina
    Wali Kota Solo, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo mengecek stok sembako yang akan disalurkan kepada masyarakat terdampak covid-19. (Foto: Istimewa)
    Solo: Wali Kota Solo, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo, memastikan pelonggaran transportasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan tak menggugurkan kewajiban karantina bagi pemudik. Rudy menjamin pemudik dikarantina di lokasi yang telah disediakan Pemkot Solo.

    "Pokoknya pemudik ke Solo tetap dikarantina 14 hari di Graha Wisata Niaga. Kita tidak bisa menolak keputusan pemerintah itu, tapi saya tetap memberlakukan peraturan di Solo," tegasnya, di Solo, Selasa, 12 Mei 2020.

    Bagi Rudy, kebijakan mengarantina setiap pemudik yang datang ke Kota Solo merupakan cara efektif mencegah penyebaran virus korona. Di sisi lain, pihaknya tidak bisa mengubah keputusan pemerintah pusat soal dibuka kembalinya moda transportasi.

    Baca juga: 34 Ribu Warga Jepara Segera Terima BLT

    "Penyebaran virus covid-19 di Kota Solo akhir-akhir ini sudah mulai stabil. Beberapa hari tidak ada penambahan pasien positif dan sebaliknya yang sembuh semakin banyak. Kita akan mempertahankan itu. Jangan sampai dengan dibukanya moda transportasi, kembali memicu penyebaran virus," ungkapnya.

    Di sisi lain, jumlah pemudik di Solo masih terus bertambah. Namun demikian kenaikannya tak signifikan, sebab banyak pemudik yang merupakan warga sekitar Solo, seperti dari Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, dan lainnya.

    Jumlah pemudik yang dikarantina di Graha Wisata Niaga sendiri berjumlah 136 orang. Dari jumlah itu tidak ada satu pun yang naik status dari orang dalam pemantauan (ODP) menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) maupun positif korona.

    "Kalau warga Solo tidak banyak yang merantau. Yang banyak ya dari sekitar Solo," pungkasnya.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id