Evaluasi Sepekan Daerah Terapkan PSBB

    Deny Irwanto - 19 April 2020 09:39 WIB
    Evaluasi Sepekan Daerah Terapkan PSBB
    ilustrasi Medcom.id
    Jakarta: Kasus covid-19 masih menghantui sejumlah daerah di Indonesia. Pasien positif terpapar virus tersebut masih bertambah dan angka kesembuhan juga ikut bertambah.

    Sejumlah pemerintah daerah mengambil sikap untuk memutus penyebaran virus covid-19 di masyarakat. Salah satu sikapnya yakni penetapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

    Sejumlah aturan dan sanksi juga sudah disiapkan untuk mendukung PSBB di masing-masing daerah. Berikut berita menarik pada 13-18 April 2020 yang dirangkum Medcom.id;

    1. Duka di KM Lambelu 

    Sebanyak 26 orang kru dari Kapal Penumpang (KM) Lambelu yang sandar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, dinyatakan positif covid-19. Hal tersebut diketahui setelah 42 kru diperiksa oleh tim gugus percepatan penanganan virus korona Sulsel.

    "Laporan yang masuk ada 26 orang awak kapal Lambelu yang dinyatakan positif hari ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 13 April 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    2. Mendirikan posko pendaftaran kartu prakerja

    Pemerintah Jawa Timur membuka posko pendaftaran program kartu prakerja. Program ini diperuntukan bagi pekerja yang dirumahkan dan di-PHK imbas pandemi covid-19 (korona).

    "Kami membuka posko layanan pendampingan, untuk memudahkan warga Jatim dalam mengakses program tersebut, untuk pendaftaran program Kartu Prakerja," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Senin, 13 April 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    3. Memperbanyak posko pemeriksaan PSBB

    Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan mendirikan 10 pos pemeriksaan di wilayah perbatasan saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Setiap pos pemeriksaan dijaga aparat gabungan dari TNI/Polri dan Satpol PP.

    "Ada sekitar 10 check point yang tersebar di perbatasan Kota Bogor. Kemudian pos tersebut akan dijaga oleh petugas dari unsur Polisi, TNI Dishub, Dinkes, dan Satpol PP Kota Bogor, mereka akan memeriksa guna menekan penyebaran covid-19 semakin meluas," ujar Wakil Wali Kota Bogor Dedie  Rachim kepada Medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Senin, 13 April 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    4. Menutup sebagian terminal di Bandara Soetta

    PT Angkasa Pura II memastikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, mendukung penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Banten. Dukungan terkait PSBB itu dilakukan dengan menerapkan status minimum operation untuk mengatur pola pergerakan penumpang sehingga tercipta physical distancing.

    Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan pembatasan sosial secara masif di Bandara Soekarno-Hatta dapat turut membantu penerapan PSBB secara penuh di tiga wilayah di Tangerang Raya, Banten.

    Baca selengkapnya di sini

    5. KM Lambelu Diizinkan Sandar di Pelabuhan Makassar

    Makassar: Kapal penumpang KM Lambelu akhirnya diizinkan bersandar di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Makassar Selasa, 14 April 2020. Kapal itu sebelumnya berada dua mil dari pelabuhan karena terdapat 26 kru kaapal positif covid-19 (korona).

    Kepala Bidang Lalu Lintas Laut Otoritas Pelabuhan Makassar, Sirajuddin, menjelaskan kebijakan itu diambil lantaran setelah beberapa hari kapal milik PT Pelni itu berada di zona karantina, pengawasan dan pemantauan terhadap aktivitas kru dinilai kurang efektif.

    Baca selengkapnya di sini

    6. PSBB belum akan diterapkan di Jawa Tengah

    Pemerintah Jawa Tengah tak berencana menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna menekan pandemi covid-19. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengeklaim penyebaran virus korona di wilayahnya tak semasif DKI Jakarta, Banten, atau Jawa Barat.

    "Kita hati-hati betul menghitung menuju PSBB. Sedang disiapkan agar mantap, mulai dari pelacakan (pasien covid-19) termasuk percepatan dan sebarannya," jelas Ganjar, Selasa, 14 April 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    7. Bupati Cellica sembuh dari Korona

    Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dinyatakan sembuh dari infeksi virus korona. Ia telah menjalani masa isolasi dan perawatan medis selama 20 hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, Jawa Barat.
     
    “Warga masih harus bersabar untuk bisa bertemu bupati karena masih harus menjalani isolasi lanjutan selama 14 hari di rumah,” kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana, Rabu, 15 April 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    8. Omzet Petani Sayur di Papua Anjlok Terdampak Korona

    Dampak pandemik korona atau covid-19 mulai dirasakan masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Salah satunya petani.

    Petani sayur di Jayapura, Papua, Victor Permenas, misalnya, mengaku hasil penjualan sayur turun hingga 50 persen sejak hari virus korona melanda.

    Baca selengkapnya di sini

    9. Sebanyak 28 Prajurit TNI Diperiksa Terkait Bentrok di Mamberamo Raya

    Danrem 172/Praja Wira Yakthi (PWY) Kol Inf J Binsar Parluhutan Sianipar menyebut sebanyak 28 prajurit Yonif 755/Yalet diperiksa terkait bentrok TNI-Polri di Kasonaweja, Mamberamo Raya, Papua.
     
    "Memang benar seluruh anggota Yonif 755/Yalet yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan daerah rawan diperiksa," kata Binsar Parluhutan, Rabu, 15 April 2020.

    Baca selengkapnya di sini

    10. Ribuan karyawan hotel dirumahkan

    Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyatakan sebanyak 3.310 karyawan hotel di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terpaksa dirumahkan akibat wabah covid-19

    Ketua DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, Ni Ketut Wolini, mengatakan hingga saat ini ada 24 hotel yang tutup untuk sementara waktu.

    Baca selengkapnya di sini



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id