Bupati Sleman: Kasus SMPN 1 Turi Kesalahan Fatal

    Ahmad Mustaqim - 21 Februari 2020 21:14 WIB
    Bupati Sleman: Kasus SMPN 1 Turi Kesalahan Fatal
    Proses pembagian tim pencarian. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Sleman: Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan peristiwa yang menimpa sejumlah siswa SMPN 1 Turi, Sleman pada Jumat, 21 Februari 2020, merupakan kesalahan fatal. Dalam situasi musim hujan, sebanyak 250 siswa SMP Negeri 1 Turi diinstruksikan melakukan kegiatan susur sungai Sempor Dusun Dukuh, Desa Donoharjo, Kecamatan Turi. 

    Saat awal kegiatan, arus sungai masih landai. Sekitar satu jam kemudian, debit arus sungai meningkat dan mengakibatkan sejumlah siswa hanyut terbawa arus. 

    "Itu kecerobohan. Artinya melaksanakan kegiatan di sungai saat musim hujan sangat berbahaya. Itu sebuah kecerobohan yang membawa kefatalan," kata Sri Purnomo di Dusun Dukuh, Jumat malam, 21 Februari 2020.

    Baca: 6 Siswa SMPN 1 Turi Tewas Saat Susur Sungai

    Ia meminta seharusnya pihak sekolah tidak sampai melakukan kegiatan yang berisiko itu. Menurut dia, guru ataupun pembina sekolah bisa membaca situasi di lapangan. 

    "Saya minta kegiatan seperti ini dihentikan semuanya, untuk kegiatan susur sungai. Kami juga mengingatkan mereka yang sedang lakukan penambangan ini, jadi perhatian kita semuanya," kata dia. 

    Dari 250 siswa yang mengikuti kegiatan, 6 diantaranya ditemukan meninggal dunia. Sebanyak 5 siswa masih dinyatakan hilang. 

    Saat ini, tim SAR gabungan masih lakukan pencarian. Pencarian dilakukan di berbagai titik, baik di perairan maupun di daratan. 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id