Merauke Tetapkan Status KLB Covid-19

    Roylinus Ratumakin - 23 Maret 2020 12:12 WIB
    Merauke Tetapkan Status KLB Covid-19
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Jayapura: Kabupaten Merauke, Papua, menyatakan kejadian luar biasa covid-19. Bupati Merauke Frederikus Gebze mengatakan penetapan status KLB menyusul dua pasien dalam pengawasan (PDP) positif terjangkit korona.

    “Saya pikir, kami harus mengambil langkah-langkah protektif untuk mencegah, mengatasi, dan memutus mata rantai penyebaran virus tersebut,” kata Frederikus, Senin, 23 Maret 2020.

    Atas status itu, Frederikus meminta masyarakat mengurangi aktivitasnya di luar rumah dan menerapkan jarak sosial. Ia juga memastikan pintu masuk ke Merauke telah diperketat.

    “Pintu masuk, baik dari pelabuhan udara maupun laut sudah dilakukan pendataan, pemeriksaan, dan observasi,” ujarnya.

    Frederikus mengimbau masyarakat yang memiliki keluhan sakit seperti gangguan pernapasan, flu, bahkan demam agar segera memeriksakan diri.

    Baca juga: Dua Kasus Pertama Covid-19 di Papua dari Merauke

    “Yang perlu jadi catatan, kalau orang mengalami keluhan harus jujur kepada dokter dan paramedis, jangan sampai ditutupi,” pungkasnya.

    Sebelumnya, dua kasus pertama Pasien Dalam Pengawasan (PDP) positif terjangkit covid-19 di Provinsi Papua, berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke. Kedua pasien merupakan laki-laki berusia 46 dan 31 tahun.
     
    Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Dokter Nevil Mustika, mengungkapkan, pasien pertama pernah mengikuti salah satu kegiatan di Kabuparen Bogor, Jawa Barat, pada Februari 2020.
     
    Sekembalinya ke Merauke, pasien mengalami batuk, pilek, dan demam. Pasien sempat memeriksakan diri ke dokter praktik umum namun tak kunjung membaik hingga dirujuk ke RSUD Merauke sejak 11 Maret 2020. 




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id