Warga di Ciputat Timur Tangsel Dilakukan Tes Usap Massal

    Lukman Diah Sari - 23 Februari 2021 14:24 WIB
    Warga di Ciputat Timur Tangsel Dilakukan Tes Usap Massal
    Tes usap massal di Kantor Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel. (Istimewa)



    Tangerang Selatan: Warga di Kantor Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, dilakukan tes usap massal, Selasa, 23 Februari 2021, oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Tes usap dilakukan untuk mempercepat penanganan covid-19 sesuai arahan Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan.

    "Kami menyiapkan 500 alat rapid test antigen dan 25 medical intelligen untuk kegiatan hari ini," ujar Kordinator Lapangan Mobile Laboratorium Covid-19 BIN Kolonel Inf. Budi Santoso, di lokasi.




    Budi menjelaskan, tes usap massal diinisiasi oleh medical inteligen BIN. Dia menerangkan, tes usap tidak akan berarti bila masyarakat tidak patuh  menjalankan protokol kesehatan.

    "Kita laksanakan atas kerjasama kami dengan pemerintah daerah maupun Satgas Covid-19 setempat. Hingga kini kami sudah melakukan tes hingga 55.000 sampel sejak tahun lalu di berbagai daerah," lanjutnya.

    Baca: GeNose C19 Telah Layani 21.530 Calon Penumpang Kereta Api

    Pihaknya juga menyiapkan dua unit mobile laboratorium PCR tes dan satu unit bus laboratorium untuk mengolah langsung sampel tes usap. Mobile Lab PCR berstandar Biosafety Level 2 (BSL-2) ini memiliki kemampuan ekstraksi dan running sampel hasil tes usap dalam waktu 8 sampai 10 jam.

    Budi menjelaskan, pertimbangan penunjukkan lokasi rapid tes ini merupakan permintaan dari Pemkot Tangerang Selatan. Lokasi ini dianggap rawan penyebaran covid-19 ketimbang wilayah lain di Tangsel.

    "Apabila diketemukan reaktif, maka kami langsung arahkan untuk Swab PCR yang hasil nanti kami koordinasikan dengan Satgas Covid setempat ," tuturnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id